Long Mesangat Suka Cita Sambut Pelatihan oleh Dispora Kaltim

Long Mesangat
Kabid Pembangunan Pemuda Dispora Kaltim Rasman Rading foto bareng seniman Reog Ponorogo Kecamatan Long Mesangat, Kabupaten Kutai Timur.

 620 total views,  4 views today

 

Long Mesangat, WARTAIKN.COM – Warga Kecamatan Long Mesangat, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) bersukacita menyambut pelatihan kecakapan hidup (life skill) yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim), untuk beberapa desa di kecamatan ini.

Hal ini terbukti dengan sambutan luar biasa dari masyarakat setempat, berupa sambutan kesenian Reog Ponorogo. Sebuah seni tradisional yang digemari dan dikembangkan oleh warga setempat.

“Sebelum acara pembukaan kecakapan hidup dimulai, saya disambut oleh Seni Reog Ponorogo pada Senin, 13/11/2023 di Balai Desa Sumber Sari, Kecamatan Long Mesangat,” kata Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim Rasman Rading di Long Mesangat.

Masyarakat setempat bukan sekadar menyambut kedatangan rombongan dari Dispora Kaltim yang siap menggelar sejumlah pelatihan kecakapan hidup, tapi juga membawa Rasman naik ke kepala reog.

“Bahkan saya diajak, ditandu untuk naik ke kepala reog. Ini pengalaman menarik bagi saya karena sepanjang masa, baru kali ini saya berinteraksi langsung dengan kesenian reog,” kata Rasman.

Penyajian kesenian reog sudah menjadi kebiasaan di hampir setiap ada kegiatan baik olahraga, musik atau kegiatan pemerintahan dalam bentuk lain, yakni kesenian ini ikut andil menyemarakkan, termasuk turut memeriahkan pembukaan pelatihan Kecakapan Hidup.

Pelatihan ini, katanya, dilaksanakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim, kerja sama dengan tokoh pemuda dan melibatkan Karang Taruna baik tingkat desa, kecamatan, hingga Kabupaten Kutai Timur.

“Seni musik maupun budaya Indonesia lainnya, bagi saya perlu dilestarikan, apalagi kesenian yang melibatkan anak-anak dan pemuda sebagai generasi penerus, apalagi kesenian ini merupakan bagian dari seni yang sangat digemari oleh masyarakat,” katanya.

Adapun pelatihan yang digelar di Kecamatan Long Mesangat terdapat lima jenis pelatihan life skill yang tersebar di beberapa desa, seperti di SP4 berupa pelatihan make up artis dan perbengkelan.

Kemudian di SP3 berupa pelatihan desain grafis dan tata boga, dan di SP8 pelatihan peternakan. Masing-masing pelatihan diikuti sebanyak 20 orang sehingga total di Long Mesangat terdapat 100 muda-mudi yang mengikuti life skill. (Adv/ Dispora Kaltim).

wartaikn.com @ 2023