Pangdam VI Hadiri Peresmian Rumah Sakit Awang Long Samarinda

Pangdam VI/ Mulawarman (kanan)

 1,330 total views,  2 views today

Samarinda, WARTAIKN.COM – Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo didampingi Danrem 091/ASN, Brigjen TNI Yudhi Prasetiyo, menghadiri peresmian Rumah Sakit Tingkat IV Awang Long Samarinda, Kalimantan Timur, yang dilakukan oleh Presiden Jokowi secara virtual

Peresmian dilakukan di aula rumah sakit tersebut, yakni di Jalan APT Pranoto, Kelurahan Sungai Keledang, Kecamatan Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Senin (19/2/2024).

Dalam kesempatan itu Mayjen TNI Tri Budi Utomo menegaskan bahwa pemerintah sangat memperhatikan kesehatan masyarakat, sehingga sektor kesehatan terus ditingkatkan.

Salah satunya adalah dengan menambah jenis fasilitas sarana kesehatan untuk memberikan pelayanan yang lebih lengkap dan memuaskan bagi masyarakat.

“Saya ingin mengingatkan, khususnya kepada organik Rumah Sakit Tingkat IV Awang Long Samarinda, agar dalam melaksanakan tugas mementingkan pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Ia menyatakan bahwa rumah sakit memiliki fungsi sosial kemanusiaan, sehingga harus mementingkan pelayanan publik, namun tetap diwujudkan secara proporsional sesuai norma yang berlaku dan misi yang diemban, yakni sebagai unsur pelaksana pelayanan kesehatan bagi prajurit dan keluarganya.

Untuk menunjang keberhasilan tugas pokok ini, maka rumah sakit hendaknya dikelola secara profesional.

Berbagai langkah terobosan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terutama para tenaga medis dan para medis sesuai dengan perkembangan dunia kesehatan perlu mendapat prioritas, sehingga mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya secara profesional.

Aspek manajerial dan kualitas sumber daya manusia yang profesional sesungguhnya menjadi parameter penilaian mutu dan kinerja sebuah rumah sakit.

“Dalam arti semakin baik mutu pelayanan yang diberikan kepada pasien, maka akan semakin dipercaya,” ujarnya seperti rilis yang dikirim Penrem 091/ ASN.

Pangdam minta fasilitas bangunan yang telah tersedia ini dimanfaatkan dengan baik dan rutin dirawat agar mampu memberikan rasa nyaman, tenang dan asri bagi para pasien maupun para pengunjung sehingga dapat memberikan kesan baik selama berada di lingkungan rumah sakit.

“Kesan seperti ini sangat berarti bagi citra dan kredibilitas rumah sakit di masa mendatang, sekaligus diharapkan mampu mengangkat citra TNI di hati rakyat,” ungkapnya

Rumah Sakit Tingkat IV Awang Long Samarinda ini dibangun di atas tanah seluas 8.800 m2, dengan luas bangunan 2.046,6 m², didukung fasilitas kesehatan berupa ruang X-Ray, USG 4 dimensi serta ruang perawatan intensive (ICU, PICU dan NICU).

Rumah sakit ini memiliki tenaga dokter spesialis sebanyak 12 orang, dokter umum​​ 4 orang, dokter gigi​​ 2 orang, perawat​​​ 14 orang, apoteker​​​ 1 orang, asisten apoteker​ 2 orang, fisioterapi​​ 1 orang, dan nonnakes​​ 6  orang. (Gal).

wartaikn.com @ 2023