Pemprov Kaltim Kirim Tiga Pemuda dalam Program PPAN

 702 total views,  2 views today

Samarinda, WARTAIKN.COM – Tahun 2023 ini terdapat tiga pemuda Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang mengikuti Pertukaran Pemuda Antar-Negara (PPAN) ke tiga negara, yakni ke Korea Selatan, Singapura, dan ke Jepang.

Hal ini menggambarkan bahwa pemuda asal Kaltim memiliki keterampilan yang tidak kalah dengan daerah lain dari berbagai aspek, karena seleksi dalam pemilihan peserta untuk bisa terpilih menjadi peserta PPAN bersifat umum, yakni persyaratan sesuai dengan standar nasional dan internasional.

Program PPAN ini merupakan upaya untuk meningkatkan potensi pemuda sekaligus menjalin silaturahim dan jaringan antarnegara, sehingga melalui ini mereka akan lebih mengembangkan potensi diri, sekaligus untuk jalinan usaha di bidang yang diminati di masa depan.

Menurut Rasman, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, program ini telah berjalan dengan baik sejak 1973, dengan tujuan untuk mengembangkan generasi muda dan memperluas pengetahuan.

Provinsi Kaltim, katanya, dalam tiga tahun terakhir tidak pernah absen meloloskan delegasinya untuk mengikuti program tersebut, walaupun dalam seleksi hingga terpilih mewakili Indonesia ke luar negeri ini cukup berat.

“Dalam tiga tahun terakhir Kaltim selalu ada yang terpilih mengikuti PPAN. Ini luar biasa, karena tidak semua provinsi bisa mendapat jatah dari Kemenpora untuk memberangkatkan pemuda berprestasi mengikuti PPAN,” kata Rasman.

Tiga pemuda Kaltim yang mengikuti PPAN tahun ini antara lain Talita yang berangkat ke Korea Selatan pada Agustus lalu dan Hasbi yang berangkat ke Singapura pada bulan Juli lalu.

Rasman mengatakan bahwa proses seleksi untuk program PPAN ini sangat ketat dan kompetitif, yakni para calon peserta harus memenuhi syarat-syarat seperti kemampuan bahasa Inggris, wawasan kebangsaan, pengetahuan akademik, keterampilan seni, dan kemampuan presentasi di hadapan tim seleksi.

Sebelumnya, atau pada April 2023, Dispora Kaltim melakukan seleksi terhadap 33 pemuda yang terdiri dari 22 putri dan 11 putra. Mereka berasal dari 8 kabupaten dan kota se- Kaltim.

Sebanyak 33 peserta bersaing ketat guna menjadi yang terbaik dan menjadi wakil Indonesia di PPAN, termasuk seleksi menjadi wakil Kaltim di Pertukaran Pemuda Antar-Provinsi (PPAP).

“PPAN merupakan salah satu program pemerintah dalam mengembangkan generasi muda Indonesia untuk memperluas pengetahuan dan wawasan, sekaligus mempersiapkan para pemuda menghadapi tantangan global di masa mendatang,” katanya. (Adv/Dispora Kaltim)

wartaikn.com @ 2023