Tim IKN Riset Lingkungan hingga Budaya di Kukar

Tim ikn
Tim IKN riset ke kukar

 640 total views,  2 views today

 

Tenggarong, WARTAIKN.COM – Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setkab Kutai Kartanegara (Kukar) Wiyono menerima kunjungan dari Tim Perencanaan Regulasi Ibu Kota Nusantara (IKN) yang dipimpn oleh Prof. Dr Ida Bagus Wyasa Putra, SH., M.Hum didampingi Prof. Dr. Desak Putu dari Universitas Udayana (UNUD).

Kehadiran rombongan ke Kabupaten Kukar ini terkait dengan Riset Rancangan Regulasi IKN yang meliputi lingkungan hingga budaya lokal, sehingga hasil riset akan dijadikan bahan kebijakan.

Rombongan diterima oleh Wiyono didampingi Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan Ismed, di Ruang Eksekutif Kantor Bupati, Tenggarong, Jumat (27/10/2023) sore.

“Terima kasih sudah berkunjung dan selamat datang rombongan tim riset dan perancang regulasi IKN di Kutai Kartanegara, semoga betah di Kukar,” sambut Wiyono.

Sebelum mempersilahkan ketua rombongan menyampaikan maksud dan tujuan tim perancang Regulasi IKN dari Universitas Udayana, Wiyono memperlihatkan profil Kukar dalam tayangan selayang pandang Kutai Kartanegara.

“Ya, secara umum wilayah kabupaten Kutai Kartanegara di IKN dengan luasan sekitar 250 Ha, meliputi 4 (empat) kecamatan dan lebih luas dibandingkan dengan PPU yang hanya 1 (satu) kecamatan dengan posisi pembangunan inti Istana Negara,” katanya.

Kendati pendapatan Kukar sampai saat ini masih ditopang dari SDA seperti minyak, batu bara, gas dan perkebunan kelapa sawit, namun Kutai Kartanegara merupakan wilayah lumbung pangan terbesar di Kalimantan Timur.

Ini menunjukkan bahwa Kabupaten Kukar juga serius dalam pembangunan pertanian dalam arti luas, baik tanaman pangan, perkebunan, perikanan, bahkan hingga pengembangan rumput laut. (gh/ adv/ Diskominfo Kukar).

wartaikn.com @ 2023