Festival Seni Budaya Nusantara Untuk Tingkatkan Pendapatan UMKM

wabup kukar
Rendi Solihin

 788 total views,  4 views today

Tenggarong, WARTAIKN.COM – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin mengatakan bahwa Festival Seni Budaya Nusantara yang akan digelar di Kecamatan Muara Badak pada 20-22 Oktober 2023, memiliki tujuan untuk meningkatkan pendapatan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

 

Ia meyakini pelaku UMKM lokal bakal mengalami peningkatan penjualan karena akan banyak pengunjung yang datang, apalahi di giat mendatang juga akan ada penampilan musisi papan atas Tanah Air, yakni Jamrud yang akan menghibur masyarakat Muara Badak dan sekitarnya.

 

“Jika tidak halangan, Insya Allah di akhir pekan ini kita akan dihibur oleh band papan atas Indonesia, yakni Jamrud,” kata Rendi Solihin di Tenggarong, pada Rabu, 18 Oktober.

 

Sama seperti beberpa kegiatan lainnya, lanjut dia, Festival Seni Budaya Nusantara ini juga tidak dipungut biaya, alias gratis, namun ia meminta pengunjung mendukung ekonomi lokal dengan cara membeli makanan, minuman, dan kemungkinan suvenir yang dijual saat gelaran tersebut, tujuannya adalah untuk ikut membantu meningkatkan pelaku UMKM.

 

“Festival ini tentunya ini untuk mewadahi UMKM, maka dari itu kami tetap minta kepada pengunjung untuk memborong usaha maupuan dagangan masyarakat setempat,” jelas Rendi.

 

Satu hal lagi yang menjadi penekanan darinya adalah agar semua yang hadir ikut menjaga keamanan, ketertiban, dan kenyamanan bersama, serta menjaga kebersihan, karena sampah adalah tanggung jawab bersama, maka ketika habis makan atau minum, maka bungkus atau sampahnya tidak boleh dibuang semebarangan, namun harus diletakkan di tempat sampah.

 

Selain Jamrud, terdapat banyak penampilan lainnya yang akan turut menyaksikan gelaran ini antara lain Kiki BP4, KKS, Toba Naulu, Marendeng, Moenari Art, Soul Art, EQ Nusantara, Marco & Jessy, Be Reggae, Mattermind, Lentara, Alusada, dan KKMSB.

 

Festival ini merupakan garapan Dinas Pariwisata Kabupaten Kukar dengan tujuan antara lain untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, terutama dari sektor UMKM, kemudian untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Kukar. (Gal/ Adv/ Diskominfo Kukar)

wartaikn.com @ 2023