KPU Mahulu Terima Pendaftaran Tiga Paslon Kepala Daerah

Ketua KPU Mahulu Paulus Winarno Hendramukti
Ketua KPU Mahulu Paulus Winarno Hendramukti

 1,532 total views,  2 views today

Mahulu, WARTAIKN.COM – KPU Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) telah menerima tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati setempat, yakni Novita Bulan berpasangan dengan Artya Fathra Marthin (Prima), kemudian Yohanes Avun berpasangan dengan Yohanes Juan Jenau (AvunJuan), dan Owena Mayang Shari Belawan berpasangan dengan Stanislaus Liah (Manis).

Ketua KPU Mahulu Paulus Winarno Hendramukti mengatakan, pihaknya telah melayani para peserta yang mendaftar sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan secara menyeluruh dari awal hingga akhir, yakni dari tanggal 27 hingga 29 agustus 2024.

Setelah itu akan dilakukan pemeriksaan kesehatan kepada peserta yang dinyatakan memilki kelengkapan berkas yang valid, kepada fasilitas kesehatan yang ditunjuk, yakni Rumah Sakit AWS Samarinda.

Meskipun sempat terkendala masalah sinyal internet yang biasa terjadi di kawasan perbatasan tersebut, namun ketika melakukan verifikasi data menggunakan aplikasi dalam jaringan, semua dapat diselesaikan dengan baik.

“Semua berkas peserta sudah diterima dengan lengkap, baik secara fisik maupun melalui SILON dan SIPOL serta penyerahan berita acara dari KPU,” kata Paulus di Mahulu pada Jumat (30/8/2024).

Tiga pasangan calon tersebut telah melakukan registrasi data dan diterima oleh KPU, sehingga selanjutnya dilakukan verifikasi berkas calon sampai dengan tanggal 4 Agustus mendatang, sebagai syarat lengkap yang menjadi kewajiban penetapan Paslon.

Selain itu, akan digelar pemerikasaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dalam bentuk fisik, termasuk di dalamnya surat pernyataan sehat dari rumah sakit yang ditunjuk khusus untuk Paslon tersebut.

“Dalam rentang waktu itu akan diterima perbaikan data jika terdapat berkas yang dianggap kurang mencukupi sebagai calon kepala daerah nantinya,” katanya.

Kendala yang dihadapi pada rangkaian proses tahapan tersebut ada pada kondisi jaringan yang kerap mengalami masalah, karena pada Pilkada kali ini lebih dominan menggunakan aplikasi daring untuk input data global agar dapat diketahui masyarakat luas. (em)

wartaikn.com @ 2023