Disperindag Kukar Gelar Bimtek Pemasaran untuk MKM

Disperindagg Kukar gelar bimtek

 674 total views,  2 views today

Tenggarong, WARTAIKN.COM – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kutai Kartanegara (Disperindag Kukar) menggelar Bimbingan teknis (Bimtek) Pemasaran Produk Dalam Negeri Melalui Kemitraan dengan Retail, Marketplace, Perhotelan/Jasa Akomodasi bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kukar, Jumat (24/11/23) di Hotel Grand Fatma Tenggarong.

Saat membuka giat ini, Kepala Dinsperindag Kukar Arfan Boma mengapresiasi peserta yang bersemangat mengikuti kegiatan tersebut, ini karena peserta menyadari bahwa bimtek ini sangat bermanfaat untuk pengembangan usaha mereka.

Menurutnya, kegiatan itu dalam rangka penguatan pelaku UMKM Kukar. Apa yang dihasilakn oleh UMKM ini tak kalah dengan produk luar lainnya, maka harus diciptakan langkah nyata untuk memperluas pemasaran untuk itu kegiatan ini dilaksanakan.

Bimtek ini untuk mengakomodir produk UMKM Kukar bisa bersaing di marketplace, minimal orang bisa mengetahui produk UMKM Kukar dijual dimana dengan alamat lengkap.

Menurutnya, dengan pembinaan yang bagus dan tepat sasaran maka pruduk UMKM Kukar akan meningkat penjualannya, hal ini tak terlepas dari peningkatan kualitas dan sarana promosi yang bagus.

“Maka pelaku juga harus semangat meningkatkan kualitas dan memperomosikan produknya, Pemkab akan mendorong salah satunya melalui peningkatan kapasitas seperti ini,” ujarnya.

Sementara Subkoordinator Pedagang Kreatif Lapangan Disperindag Kukar Hj Sopiatul mengatakan, tujuan Bimtek yang diikuti 23 orang dari UMKM di beberapa kecamatan di Kukar ini, agar pelaku UMKM dapat bekerjasama melakukan pemasaran produk melalui kemitraan. Juga untuk meningkatkan ekmonomi masyarakat dengan pemberdayaan usaha produktif.

“Serta menambah wawasan usaha produktif dan meningkatkan SDM pelaku usaha UMKM agar Inovatif Berdaya Saiang dan mandiri,” ujarnya.

Sebagai Narasumber yakni Kepala UPTD Pelatihan Koperasi Disperindag Kaltim, Bagian Pengadaan Baranmag Jasa Setda Kukar, dan dari PT Shopee Regional Kalimantan. (Adv/ Diskominfo Kukar)

 

wartaikn.com @ 2023