Dispora Kaltim Terus Bangun Karakter Pemuda Jadi Mandiri

Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim Rasman Rading

 654 total views,  2 views today

 

Samarinda, WARTAIKN.COM – Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) terus berupaya membangun karakter para pemuda setempat agar menjadi pemuda yang tangguh dan mandiri, seiring dengan keyakinan yang kuat dalam mengembangkan keterampilan yang dimiliki.

“Ada berbagai pola yang kami lakukan dalam membangun karakter pemuda, baik melalui seminar, pelatihan, dan kegiatan lain. Sedangkan yang kami lakukan Kamis Kemarin adalah melalui seminar di Samarinda yang melibatkan mahasiswa,” ujar Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim Rasman Rading di Samarinda, Jumat.

Seminar yang digelar kemarin berupa Seminar Character Building di Kota Samarinda. Ini merupakan giat kedua, setelah sebelumnya seminar yang sama digelar di Kota Balikpapan dengan melibatkan ratusan pelajar dan mahasiswa di Balikpapan.

“Kegiatan kemarin merupakan yang kedua setelah di Kota Balikpapan pekan lalu. Untuk giat yang kemarin diikuti oleh 100 orang perwakilan dari perguruan tinggi di Kota Samarinda,” ujar Rasman lagi.

Kemarin, ia mewakili Kadispora Provinsi Kaltim Agus Hari Kusuma, membuka Seminar Character Building dengan tema “Kenali Dirimu dan Kejar Suksesmu” dilaksanakan pada Kamis (23/11) di Hotel Verona Kota Samarinda.

Menurutnya, character building digelar sebagai upaya pihaknya untuk mencerdaskan kehidupan para anak bangsa, agar pemuda yang memiliki karakter pejuang tidak mudah pesimis, tidak mudah menyerah, selalu berpikir positif.

Kemudian memiliki attitude yang tinggi (sikap yang baik dan ramah), bisa mengenali dirinya baik terhadap kemampuan kepemimpinan, kepoloporan, kemampuan kewirausahaan agar bisa sukses sesuai dengan bidang yang digeluti.

Adapun narasumber dalam giat ini ada dua, pertama adalah M Iqbal Suwandie Y (penulis buku, pakar hukum dan manajemen organisasi public speaking), narasumber kedua adalah Nurdiansyah yang merupakan Ketua Yayasan Kaltim Cerdas Nusantara.

Seminar ini digelar untuk mencetak karakter pemuda Kaltim lebih tangguh, tidak mudah putus asa ketika menghadapi masalah, sehingga diharapkan pemuda memiliki daya saing tinggi di berbagai macam sektor.

Ia menyatakan bahwa banyak orang yang memiliki daya saing, tapi karakter building maupun karakter atitude rendah, sehingga melalui giat ini pihaknya membangun karakter agar selain memilik daya saing juga memilik rasa tanggungjawab sebagai pemuda harapan bangsa.

“Melalui seminar ini kami tekankan para peserta memiliki karakter kuat agar tidak mudah terpengaruh dengan berbagai godaan. Untuk membuat pemuda kuat secara mental, maka perlu dibekali dengan pembangunan etika dan lainnya yang tujuannya untuk menguatkan mental,” ujarnya. (Adv/ Dispora Kaltim)

wartaikn.com @ 2023