Dinas Ketapang Kukar Studi Tiru untuk Indeks Ketahanan Pangan

Dinas Ketapang
Dinas Ketapang Kukar saat berada di Denpasar, Bali.

 578 total views,  2 views today

 

Tenggarong, WARTAIKN.COM -Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan kunjungan kerja empat hari ke Dinas Perikanan dan Ketapang Kota Denpasar, Bali, pada 15-18 November 2023, dalam rangka studi tiru menaikkan Indeks Ketahanan Pangan.

Rombongan Dinas Ketapang Kukar diterima oleh Kepala Dinas Perikanan dan Ketapang Kota Denpasar, Ida Bagus Mayun Suryawangsa.

Kepala Dinas Ketapang Kabupaten Kukar Sutikno melalui Sekretaris Ananias mengatakan, kunjungan ini sebagai bentuk Perjanjian Kerjasama (PKS) karena Badan Pangan Nasional telah melakukan MoU dengan TP PKK Pusat.

Jadi, kata Sekretaris Dinas Ketapang Kukar, di Dinas Ketapang Kukar juga telah melakukan PKS dengan TP PKK Kabupaten Kukar untuk berbagai hal terkait ketahanan pangan, berikut upaya meningkatkan indeks ketahanan pangan.

“Kota Denpasar menjadi pilihan untuk dikunjungi karena berdasarkan data, Denpasar sebagai kota penerima penghargaan peringkat I Indeks Ketahanan Pangan Tertinggi di Indonesia, jadi kami ke sini untuk belajar dan meniru,” katanya.

Ananias juga mengatakan bahwa minggu depan, ada sebagian tim analis Dinas Ketapang Kukar ke Kota Karawang dan D.I Yogjakarta, untuk belajar kepada kedua daerah tersebut juga terkait ketahanan pangan.

Bupati Kukar, lanjut ia, telah mengalokasikan dana untuk pembangunan di sektor pertanian dalam arti luas, khususnya di empat OPD, yaitu Distanak, Dinas Pertanian, Disbun, dan Dinas Ketapang karena Pemkab Kukar terus mendongkrak pembangunan pertanian dalam arti luas.

“Kami ke Denpasar ini ingin belajar dan melihat supaya anggaran yang dialokasikan betul-betul bisa kami programkan dengan tepat, sehingga bermanfaat bagi masyarakat demi mewujudkan Kukar yang sejahtera dan bahagia,” katanya. (Adv/ Diskominfo Kukar)

 

wartaikn.com @ 2023