Desa Liang Ulu Diminta Bantu Wujudkan Lumbung Pangan

Perahu dan tandon
Bupati Kukar serahkan perahu dan tandon di Kota Bangun

 582 total views,  2 views today

 

Kota Bangun, WARTAIKN.COM – Petani dan nelayan di Desa Liang Ulu, Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara, diminta membantu pemerintah setempat untuk mewujudkan lumbung pangan di Kaltim, apalagi dengan kehadiran Ibu Kota Nusantara yang tentunya membutuhkan banhan pangan lebih banyak ketimbang biasanya.

Hal ini dikatakan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah saat menyerahkan bantuan tandon untuk masyarakat dan sarana tangkap ikan berupa perahu untuk kelompok tani nelayan di Desa Liang Ulu, Kecamatan Kota Bangun, di halaman kantor desa setempat, Minggu (5/11).

Untuk perahu yang diserahkan berasal dari APBD Kukar melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), sedangkan tandon yang diserahkan dari Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim).

Dalam kesempatan itu ia memberikan apresiasi tinggi kepada masyarakat yang masih menekuni pekerjaan sebagai nelayan untuk menopang ekonomi keluarga, di samping tugas mulia agar penduduk bisa mengonsumai ikan.

“Kota Bangun merupakan salah satu dari 20 kecamatan di Kukar yang produksi perikanannya cukup besar. Alhamdulillah profesi ini terjaga, sehingga kami dari Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui program Kukar Idaman memberikan bantuan untuk masyarakat” ujarnya.

Pemberian bantuan kepada nelayan, merupakan program bantuan dengan total untuk 25.000 nelayan produktif, agar yang selama ini produktivitasnya kurang, maka dengan bantuan ini diharapkan meningkat.

Bantuan ke nelayan untuk meningkatkan produksi maupun produktivitas ini sudah berjalan dalam dua tahun terakhir, sehingga ia berharap hal ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan mampu meningkatkan ekonomi keluarga.

“Saat ini yang diserahkan adalah gubangnya (perahunya) dulu, nanti mesinnya menyusul, tolong dimanfaatkan dengan baik, walau belum semua kelompok nelayan di sini yang dapat bantuan, karena bantuan ini dilakukan bertahap,” kata bupati.

 

Dalam penyerahan bantuan tersebut bupati didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar Muslik, Plt Kadis Perkim Aidil, dan Camat Kota Bangun Mawardi. Dalam penyerahan Itu, bupati juga berkesempatan berdialog dengan masyarakat. (ADv / Diskominfo Kukar).

 

wartaikn.com @ 2023