Dispora Kukar Gelar Pelatihan Gada Pratama TNI-Polri

Pelatihan Satpam
Pelatihan Gada

 850 total views,  2 views today

 

Tenggarong, WARTAIKN.COM – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Pelatihan Gada Pratama berkaloborasi PT Noreen Surya Perdana dan Polda Kalimantan Timur (Kaltim) di Stadion Aji Imbut Tenggarong.

Pelatihan Gada Pratama tersebut diikuti oleh 62 peserta dan berlangsung dari tanggal 18 hingga 30 Oktober 2023, sehingga penggemblengan selama 12 hari tersebut dapat membentuk kedisiplinan peserta.

Kepala Dispora Kukar Aji Ali Husni mengatakan, kegiatan ini merupakan pelatihan lanjutan dari program Pembinaan dan Pelatihan (Binlat) TNI dan Polri, untuk melanjutkan jenjang karir pemuda yang belum beruntung lolos tes TNI dan Polri.

“Palatihan Gada Pratama, merupakan kegiatan lanjutan dari program Binlat TNI dan Polri, kegiatan ini kami adakan untuk pemuda-pemuda Kukar yang belum bisa lolos di seleksi TNI dan Polri,” ucap Aji Ali Husni saat bertemu dengan wartaikn.com pada Jumat (20/10/2023).

Ia juga mengatakan, pelatihan Gada Pratama ini untuk para pemuda agar mendapatkan wadah untuk membentuk dan mengembangkan potensi mereka dalam mencari pekerjaan baru.

Lanjutnya, pemuda yang mengikuti kegiatan ini sangat memiliki semangat militer yang tinggi, memiliki tubuh atletis dan rata-rata semua disiplin.

“Kegiatan ini kami lakukan karena para peserta mempunyai semangat militer yang tinggi, badannya bagus, dan mereka juga disiplin,” jelasnya.

Maka dari itu, peluang seperti ini harus kita tangkap guna menciptakan tenaga kerja dengan menjadi seorang keamanan yang baik, terlatih dan disiplin. Ini merupakan program Bupati Kukar dengan dedikasi Kukar Siap Kerja.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, maka mereka dapat bekerja di sektor sipil dengan menjadi Satpam,” ungkapnya.

Sedangkan untuk menindak lanjuti kegiatan yang telah dilaksanakan ini, maka Dispora Kukar akan melakukan kerja sama dengan BUMD dan BUMN Kukar untuk penyaluran Satpam siap kerja.

“Kami akan melakukan kerja sama dan berdiskusi dengan BUMD dan BUMN Kukar, terkait penyaluran tenaga keamanan perusahaan jika mereka sedang membutuhkan. Mereka harus memprioritaskan yang diprogramkan oleh pemerintah,” tegasnya.

Ia juga berharap program pelatihan Gada Pratama ini akan terus berlangsung dari masa ke masa, karena banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga terlatih dan masih ada pemuda Kukar yang berminat mengikut pelatihan serupa.

“Tahun depan Insya Allah program ini akan terus berlanjut. Harapan kami kepada peserta adalah agar mereka juga dapat mencari pekerjaan secara mandiri, walaupun kami juga berkoordinasi dengan BUMN atau BUMD terkait peluang ini,” kata Aji.

wartaikn.com @ 2023