Dispar Kukar Ajak Investor Kembangkan Wisata di Tenggarong

Dinas Pariwisata
Kepala Dinas Pariwisata Kukar

 878 total views,  2 views today

 

Tenggarong, WARTAIKN.COM – Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) Slamet Hadiraharjo mengajak investor datang ke Tenggarong untuk turut menanamkan modal membangun usaha di sektor pariwisata, karena kepariwisataan merupakan jenis usaha jangka panjang dan menjanjikan.

“Kabupaten Kukar dikenal dengan banyaknya tempat wisata baik wisata modern, budaya, maupun wisats bahari yang ke depan akan menjanjikan jika dikekola secara profesional dan terintegrasi,” ujar Slamet ditemui wartaikn.com di Tenggarong pada Senin (9/10/ 2023).

Pembangunan tempat wisata, katanya, tidak lepas dari pelaku investor yang turut andil dalam mengembangkan infrastruktur tempat wisata.

Hingga kini Pemerintah Kabupaten Kukar masih pelan-pelan dalam membenahi tempat wisata, khususnya di Kota Tenggarong, baik di Pulau Kumala, Waduk Panji Sukarame, dan lainnya.

Hal itu akan mudah, ketika ada investor yang ikut andil dalam pembenahan tempat wisata di Kukar, karena ada sejumlah objek wisata di Kukar yang lama tidak beroprasi karena mengalami kerusakan setelah adanya Pandemi COVID-19.

Dirinya mengatakan, sudah ada beberapa kali investor datang dan ingin masuk untuk melakukan pembenahan tempat wisata di Kukar.

Sudah ada sekitar lima investor yang ingin masuk, yaitu perusahaan lokal dan ada beberapa nasional, lantas Dinas Pariwisata Kukar menyarankan untuk melakukan pembenahan di Pulau Kumala Tenggarong.

Dari banyaknya investor yang telah ditemui saat mengajukan proposal tentang pengelolaan tempat wisata, banyak dari investor tidak kembali lagi, tanpa alasan yang jelas.

“Pada saat ketemu pertama dengan investor, mereka semangat untuk berinvestasi, tapi setelah diminta kembali untuk menyiapkan dokumen dan konsep pengeloaannya, sampai saat ini tidak ada yang kembali,” katanya. (Rob/ Adv/ Diskominfo Kukar)

wartaikn.com @ 2023