Upaya Korem Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional dari Kukar

Panen raya
Persiapan potong tumpeng sebelum panen raya di Desa Buana Jaya, Kukar

 1,414 total views,  4 views today

Samarinda, WARTAIKN.COM – Keterlibatan TNI khususnya Korem 091/ASN dalam menyukseskan program ketahanan pangan merupakan salah satu upaya dalam mempercepat program swasembada pangan di wilayah Korem 091/ASN.

“Pangan merupakan komoditas penting dan strategis karena menjadi kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi,” kata Danrem 091/ASN yang disampaikan Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Priyanto Eko Widodo saat panen raya di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, Sabtu (2/3).

Berbagai upaya telah dilakukan dan diprogramkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, bersama pelaku pertanian dalam rangka peningkatan produktivitas pertanian dan ketersediaan pangan yang cukup.

Berdasarkan kebijakan pemerintah itulah, kemudian Korem 091/ASN turut mengembangkan dan memanfaatkan lahan secara luas dan terpenuhinya kebutuhan air yang dapat digunakan untuk lahan pertanian.

“Pagi ini kita melaksanakan panen raya padi bersama dari hasil kelompok tani Bina Usaha, Sri Lemah Sejati dan Pelita Jaya dengan luas sawah 157 hektare,” ujarnya dalam rilis Penrem 091/ASN.

“Sedangkan jenis padi yang dipanen adalah Impari 32 dan Mikongga yang dapat memproduksi sekitar  4 ton per hektarr. Ini adalah bukti nyata dari kerja keras, dedikasi dan kerjasama yang luar biasa dari setiap anggota kelompok tani bersama satuan jajaran Korem 091/ASN,” katanya.

Panen raya ini diharapkan dapat mendorong semangat para petani untuk terus lebih giat menanam padi, guna memenuhi kebutuhan pangan dan mampu mengendalikan Inflasi terhadap salah satu komoditas bahan pangan, terkhusus beras di tengah – tengah masyarakat, demi terwujudnya ketahanan pangan nasional.

Hal ini, sesuai dengan tema  kali ini yaitu “Bersatu Dengan Alam Untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional“.

Atas nama Komandan Korem 091/ASN dan pribadi, ia menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada anggota kelompok tani yang telah memberikan segala upaya terbaiknya, dalam menyukseskan ketahanan pangan yang tangguh.

“Semua ini tentu karena adanya dukungan dari seluruh jajaran Pemerintahan Provinsi Kalimantan Timur dan Kabupaten Kutai Kartanegara,” ucapnya

Ia berharap kegiatan panen raya ini menjadi berkah bagi semua dalam mewujudkan ketahanan pangan di Provinsi Kaltim khususnya, kemudian tercapainya ketahanan pangan nasional umumnya. (GF)

wartaikn.com @ 2023