Kukar Bersiap Peringati Merah Putih Sangasanga

 530 total views,  2 views today

Tenggarong, WARTAIKN.COM – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), bersiap memperingati Peristiwa Merah Putih Sangasanga 1947 pada 27 Januari 2024 dengan menekankan tiga sukses, yakni sukses penyelenggaraan, sukses administrasi, dan sukses peningkatan ekonomi masyarakat.

Kabag Kesejahteraan Rakyat Setkab Kukar Dendy Irawan Pemkab Kukar di Tenggarong, pada Senin, 8 Januari, mengatakan bahwa perjuangan melawan penjajahan Belanda di Sangasanga berlangsung sangat lama dan puncaknya adalah pada 27 Januari 1947.

Sedangkan di tahun 2024 ini Pemkab Kukar akan mengenang kembali peristiwa tersebut untuk menghormati para pahlawan, dalam bentuk peringatan yang digelar di Kecamatan Sangasanga, kawasan pesisir pantai Kabupaten Kukar.

Tujuan dari kegiatan mendatang antara lain untuk mengenang dan mendoakan para pahlawan, kemudian juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dengan menggandeng pelaku UMKM setempat di peringatan Peristiwa Sangasanga ini.

Ia mengatakan, untuk rapat persiapan acara mendatang sudah dilakukan beberapa kali, termasuk saat ia didampingi Camat Sangasanga M Dachriansyah memimpin rapat finalisasi persiapan Peringatan Peristiwa Merah Putih ke- 77 di Kantor Camat Sangasanga, pada Jumat (5/1/).

Setelah rapat dilanjutkan peninjauan lokasi baik gerai pameran, sejumlah lokasi pendukung pelaksanaan, dan lokasi yang dijadikan upacara peringatan.

Sedangkan jadwal sementara yang telah disusun panitia untuk Peringatan Peristiwa Merah Putih Ke- 77 antara lain diawali Gowes Merah Putih dengan start dari Kecamatan Tenggarong dan finis di Kecamatan Sangasanga yang diikuti Bupati Kukar bersama komunitas gowes.

Rangkaian lainnya adalah bupati akan membuka beberapa cabang olahraga umum dan tradisional seperti turnamen ketapel, turnamen panahan, turnamen bola voli, lomba ketinting, napak tilas dan Camping Ground Merah Putih di Lapangan Gelora Pantai EP.

Kemudian akan ada doa untuk para pahlawan di Masjid Besar Al Mukarramah,  pemberian santunan kepada veteran dan janda veteran, renungan cuci di Taman Makam Pahlawan Wadah Batuah, lantas upacara dan Parade Peringatan Peristiwa Merah Putih di Lapangan Bola PT Pertamina Sangasanga. (Gal)

wartaikn.com @ 2023