Desa Giri Agung Jadi Salah Satu Lumbung Pangan Kukar

 722 total views,  2 views today

 

Sebulu, WARTAIKN.COM – Desa Giri Agung di Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) merupakan salah satu desa yang menjad lumbung pangan bagi Kukar yang dibuktikan dengan luasan lahan sawah dan ratusan ton padi tiap panen, sehingga desa tersebut kemudian mendapat bsntuan pembangunan gudang padi.

Bantuan diberikan karena Pemkab Kukar konsisten memberikan kehidupan yang layak bagi masyarakatnya dengan peningkatan stabilitas ekonomi melalui sektor pertanian dalam arti luas.

Komitmen tersebut kini telah terwujud dengan telah berdiri dan dimanfaatkannya gedung lumbung pangan untuk Desa Giri Agung, agar produksi bahan pangan desa setempat bisa disimpan lebih lama.

Gudang lumbung pangan tersebut juga telah dilengkapi dengan mesin penggilingan padi disertai dengan mesin pemngering modern dan area tampung.

Ucapan terima kasih dan bangga atas diibangunnya lumbung pangan diungkapkan oleh Kepala Desa Giri Agung Supriyadi. Ia mewakili warganya mengucapkan ribuan terima kasih atas fasilitas lumbung pangan dengan fasilitas pelengkapnya.

“Terima kasih untuk bapak bupati (Edi Damansyah-red). Saya mewakili warga bersyukur telah memiliki lumbung padi dan fasilitas yang modern, tentunya ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus semangat dalam mengembangkan sektor pertanian khususnya di Giri Agung yang 98 persen warga tani,” ucap Supriyadi, Jumat (24/11/2023).

Di kesempatan itu Bupati Kukar Edi Damansyah hadir di Giri Agung untuk meninjau lumbung pangan yang sudah terisi puluhan ton gabah kering siap giling dengan daya tampung lumbung mencapai 100 ton.

“Alhamdulillah saya telah melihat langsung pemanfaatan gedung lumbung pangan untuk desa Giri Agung ini sudah dimanfaatkan dengan baik, tentunya ini merupakan salah satu yang patut dicontoh dengan gedung lumbung pangan di GIri Agung maka masyarakatnya pun menjadi sejahtera dan mandiri,” kata bupat.

Keberadaan lumbung pangan Giri Agung Sebulu tersebut kata Edi Damansyah sebagai bentuk perhatian serius terhadap pengembangan sektor pertanian yang ada di Sebulu sekaligus implementasi dalam mewujudkan program Kukar Idaman Sejahtera mandiri.

“Pemkab kukar telah bertekad menjadi lumbung pangan dan keberadaan lumbung-lumbung pangan yang ada di Kukar mewujudkan Kukar sebagai lumbung pangan di Kalimantan Timur dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara,” ujarnya. (Adv/ Diskominfo Kukar)

wartaikn.com @ 2023