Peparprov Kaltim IV Tandingkan 13 Cabor

agus
Kepala Dispora Kaltim Agus Hari Kesmua

 662 total views,  2 views today

Balikpapan, WARTAIKN.COM – Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov)  IV Kaltim yang digelar di Dome Balikpapan selama enam hari pada 15-20 November 2023, mempertandingkan 13 cabang olahraga (cabor) untuk menggembleng kemampuan para atlet sekaligus untuk meraih prestasi terbaik.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dsipora Kaltim) M Agus Hari Kesuma saat membuka acara itu, Rabu (15/11), mengatakan bahwa pelaksanaan Peparprov Kaltim  IV ini juga menjadi ajang seleksi bagi atlet paralimpik untuk bisa berprestasi dan bisa mewakili Kaltim pada PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

 

Sedangkan 13 cabor yang dipertandingkan dalam Paperprov Kaltim kali ini adalah diantaranya renang, atletik, bosia, panahan dengan 8 venue yakni Dome, Lapangan Tenis Indors, Lapangan Menembak, Kolam Renang Mulawarman, Lapangan Sudirman, Hevindo, dan Lapangan Merdeka.

Ia mengapresiasi atlet paralimpik untuk multi ajang atlet disabilitas yang diturunkan oleh masing-masing kabupaten/kota, hal ini menggambarkan bahwa semua daerah di Kaltim juga memiliki perhatian besar terhadap pembangunan olahraga bagi kaum disabilitas.

 

Ia juga bersyukur ketika melihat postur para atlet yang tinggi, kemudian didomiasi oleh atlet muda sehingga hal ini menjadi modal besar untuk meraih prestasi.

“Jumalah peserta Peparprov IV Kaltim 2023 sebanyak 584 orang, dengan jumlah atlet paralympic 486 atlet dan 99 pelatih atau official. Terdapat 582 nomor tanding yang memperebutkan 582 medali emas, 582 medali perak dan 765 medali perunggu.

 

Dalam pembukaan ini, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan Cokorda Ratih Kusuma mengatakan, kegiatan ini menjadi kehormatan bagi Kota Balikpapan karena ditunjuk menjadi tuan rumah Peparprov Kaltim IV.

“Kami sebagai tuan rumah menyambut baik pelaksanaan Peparprov Kaltim ke IV, peserta juga mendapatkan  akomodasi transportasi dan hotel dengan pembiayaan dari APBD Kaltim. Para atlet harus menjunjung tinggi sportivitas, raih prestasi optimal untuk mengharumkan daerah,” katanya. (Adv/ Dispora Kaltim)

 

wartaikn.com @ 2023