Peserta Pelatihan Life Skill Dispora Kaltim Siap Bentuk Kelompok Usaha

Rasman Rading mencicipi hasil pelatihan tata boga di Kecamatan Long Mesangat

 544 total views,  2 views today

Long Mesangat, WARTAIKN.COM – Para peserta Pelatihan Kecakapan Hidup atau life skill yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Tmur (Dispora Kaltim) di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), dinyatakan siap berwirausaha dengan membentuk kelompok usaha.

Hal ini dikatakan Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim Rasman Rading, saat hari ke dua pelatihan, yakni pada 14/11/2023, ia keliling melihat Pelatihan Kecakapan Hidup di Kecamatan Long Mesangat.

Lokasi pelatihan yang ia kunjungi adalah pelatihan tata boga dan desain grafis di tempat yang berbeda, yakni di SP 4 pada Balai Desa Mukti Utama, kemudian di Balai Desa SP 3 untuk pelatihan muke up artis, pelatihan perbengkelan di Service Motor Desa Sumber Sari, serta pelatihan peternakan di Desa Sumber Agung.

“Dari pelatihan kecakapan hidup yang saya kunjungi, para peserta sangat antusias dan merasa bersyukur, karena hal ini berkenaan debgan kesiapan mereka untuk membuat beberapa kelompok usaha sesuai dengan peminatan masing-masing peserta,” katanya.

Apalagi, lanjut Rasman, pelatihan ini dibimbing langsung oleh tenaga ahli, tenaga terampil, dan praktisi pelatihan, misalnya untuk pelatihan tata boga dilatih langsung oleh Sayoko Prasetyo selaku Chef Bogasari dengan menargetkan sembilan jenis kue dan satu rasa mi ayam yang menggunakan peralatan sangat sederhana.

Kemudian untuk pelatihan desain grafis dengan target peserta bisa mengolah tiga jenis produk dengan desain terkini, yakni pelatihan yang dibimbing oleh Tim Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Lantas pelatihan perbengkelan dilatih oleh praktisi dari Bengkel Motor dan Mobil, pelatihan peternakan dilatih oleh praktisi peternak dan dokter hewan dari Pusat Kesehatan Hewan Wilayah Long Mesangat yakni drh Indah Puspitasari.

Berikutnya adalah pelatihan make up artis yang dibimbing oleh tenaga terampil dari Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Novan Samarinda, sehingga para peserta pelatihan tersebut menjadi terampil dan siap membuka unit usaha. (Adv/ Dispora Kaltim)

wartaikn.com @ 2023