Kades Bendang Raya: Semenisasi Jalan Demi Kenyamanan Warga

Bendang Raya

 606 total views,  2 views today

 

Tenggarong, WARTAIKN.COM – Desa Bendang Raya di Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat terhadap akses jalan, demi membuat nyaman warga setempat dalam mengangkut hasil pertanian maupun untuk pergerakan orang dan barang.

“Kami di Pemerintah Desa Bendang Raya juga terus mendorong penambahan jumlah penduduk dengan membangun berbagai sarana dan prasarana, salah satunya semenisasi badan jalan agar warga menjadi nyaman,” kata Kepala Desa Bendang Raya Muhammaddin di Tenggarong, Jumat (10/11).

Ia menyatakan bahwa peningkatan insfratruktur terutama jalan, akan mampu menarik minat masyarakat untuk tinggal dan menetap di Desa Bendang Raya, karena selama ini jumlah penduduk di desa ini masih minim.

Peningkatan kualitas badan jalan itu dilakukan sepanjang tahun 2023 ini, karena pihaknya telah mengusulkan rencana itu kepada Pemkab Kukar melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU).

Saat ini pihaknya telah mempersiapkan penambahan penduduk baru yang berada di RT 13, 14, dan RT 16. Selama ini Pemdes Bendang Raya memfasilitasi pembukaan lahan yang rencananya akan ditempati oleh penduduk baru.

“Pembukaan lahan kita fasilitasi semuanya, hanya yang pertama dilakukan swadaya dulu, kemudian kami bikinkan pondok,” kata Muhammaddin.

Pihaknya sempat akan memberlakukan transmigrasi secara besar-besaran, namun upaya itu tidak direstui oleh Pemkab Kukar, sehingga kini hanya boleh pindah dari desa terdekat ke Bendang Raya.

“Pemkab Kukar hanya memperbolehkan transmigrasi di wilayah lokal, sehingga hal inilah yang kami lakukan. Kalau transmigrasi dari program pusat, mungkin akan lengkap sarana dan prasarana di sini. Tapi ini kan hanya swadaya, jadi saya pelan-pelanlah dulu,” kata dia.

Ia juga menjelaskan bahwa untuk pindah ke Bendang Raya, hanya dibutuhkan syarat KTP dan Kartu Keluarga (KK) untuk bisa menjadi warga tetap di Desa Bendang Raya.

Dulu, katanya, Bendang Raya hanya terdapat lima RT, namun setelah dilakukan pemekaran dengan Desa Rapak Lambur, kini Bendang Raya telah memiliki 10 RT.

Upaya itu, dilakukan dirinya sejak menjabat pertama kali menjadi kepala desa beberapa tahun lalu. Saat itu masalah yang dihadapi cukup banyak antara lain jalan masih berupa tanah, bahkan ada beberapa titik yang belum ada badan jalan. (Adv/ Diskominfo Kukar)

wartaikn.com @ 2023