Pemkab Kukar Bersiap Gelar Apresiasi Seni Budaya di 20 Kecamatan

Rapat
Rapat persiapan Gelar Seni Budaya Kukar

 688 total views,  2 views today

 

Tenggarong, WARTAIKN.COM – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), bersiap menggelar Apresiasi Seni Budaya Daerah di 20 kecamatan, sebagai ajang pelestarian seni dan budaya.

Sebagai langkah awal, Disdikbud Kukar menggelar rapat persiapan kegiatan Gelar Apresiasi Seni Budaya Daerah Kabupaten Kukar tahun 2023, di ruang rapat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kukar, Selasa (7/11).

Rapat dipandu oleh Kepala Bidang Kebudayaan Puji Utomo, didampingi Sub Koordinator Pembinaan Sejarah Lokal dan Pelestarian Budaya Daerah M Agus Syarifudin, dan Event Organizer (EO) Kukar Fajri Toys.

Rapat dihadiri oleh Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setkab Kukar Ismed dan para camat se Kabupaten Kukar.

Kepala Disdikbud Kukar Thauhid Afrilian Noor melalui Agus Syarifudin mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah sebagai salah satu upaya untuk melestarikan, mengembangkan, dan mempromosikan seni dan budaya tradisi lokal agar dapat bertahan dengan baik dalam menyongsong IKN.

Kemudian memberikan ruang bagi kelompok seni dan budaya kecamatan dalam mengekspresikan seni dan budayanya, meningkatkan kepedulian masyarakat di tiap kecamatan dalam melestarikan seni budaya dan tradisi lokal setempat.

Tujuan lainnya adalah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat di tiap kecamatan, khususnya pelaku UKM yang akan memanfaatkan bazar di acara tersebut, dan bagi kecamatan dengan diselenggarakannya event ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada masyarakat dalam memajukan wilayanya masing-masing.

Agus Syarifudin mengatakan, untuk pelaksananya dari EO Fajri Toys telah membagi 4 grup, yakni Grup 1 di kecamatan, Muara Wis, Tabang, Kenohan, dan Samboja Barat.

Grup 2 di Muara Muntai, Kembang Janggut, Muara Kaman, Sebulu, dan Muara Jawa. Grup 3 di Kota Bangun Darat, Kota Bangun, Tenggarong Seberang, Sangasanga, dan Samboja. Kemudian Grup 4 di Tenggarong, Loa Kulu, dan Loa Janan. (Adv/ Diskominfo Kukar)

wartaikn.com @ 2023