Dispora Kaltim Sukses Gelar Kejurnas Angkat Besi Pelajar

Kepala Dispora Kaltim menyerahkan piala untuk PPLP Lampng Jaya sebagai kontingen juara umum

 458 total views,  2 views today

Samarinda, WARTAIKN.COM – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim sukses menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Angkat Besi jenjang pelajar, yakni Kejurnas Antar Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar/Daerah dan Sekolah Khusus Olahraga (PPLP/PPLPD dan SKO).

“Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Dispora Kaltim, Kompleks Gelora Kadrie Oening, Samarinda pada 26-30 Mei 2023 lalu, Kaltim menjadi tuan rumah di ajang ini,” kata Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kaltim A.A Bagus Surya Saputra Sugiarta di Samarinda, Rabu (8/11).

Dalam kejurnas tersebut PPLP Lampung Jaya menjadi Juara Umum setelah atlet-atletnya mampu meraih 8 emas, 2 perak dan 3 perunggu.

Disusul PPLP Kalbar dengan 6 emas, lantas PPLP Jawa Barat yang sukses mengoleksi 17 medali dengan rincian 5 emas, 5 perak dan 7 perunggu, sekaligus menjadi PPLP yang terbanyak meraih medali di ajang ini.

Wakil Kaltim masing-masing PPLPD Samarinda berada di posisi ke-9 dengan raihan 1 emas, 1 perak serta 2 perunggu. Sementara SKOI Kaltim yang mengantongi 4 perak dan 4 perunggu, harus puas berada di posisi ke-10.

Bagus melanjutkan, selain kejurnas angkat besi itu, ada pula kejuaraan sepatu roda dan panjat tebing tingkat Pelajar se-Kaltim Tahun 2023. Acara ini diselenggarakan pada 18 September 2023 yang juga di GOR Kadrie Oening Samarinda.

“Tahun ini kami juga telah melakukan peningkatan SDM kepada wasit dan juri kungfu tradisional. Kemudian kegiatan rutin berkaitan dengan kegiatan disabilitas, sudah dilakukan di bulan sebelumnya,” katanya.

Hal lain yang juga dilakukan pihaknya seperti inventarisasi terkait permasalahan olahraga seperti minat masyarakat terhadap olahraga, pelatihan untuk peningkatan sumber daya manusia, olahraga masyarakat tradisional, dan pembinaan olahraga disabilitas.

“Di bidang saya juga memiliki tugas pemilihan duta olahraga dan pemberian penghargaan maupun bonus kepada atlet berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional,”katanya. (Abn/ Adv/ Dispora Kaltim).

wartaikn.com @ 2023