Pekan Raya Pemuda Kaltim Jadi Momentum Bangun Sinergi

 546 total views,  2 views today

Pintu masuk Pekan Raya Pemuda Kaltim

—————–

Samarinda, WARTAIKN.COM -Pekan Raya Pemuda Kaltim (PRPK) 2023 yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) selama tiga hari pada 26-28 Oktober, menjadi momentum penting bagi kaum muda untuk membangun sinergisitas baik antarpemuda maupun dengan pihak lain dari kabupaten/kota.

Sinergisitas bisa terwujud karena dalam PRPK 2023 dihadiri oleh perwakilan dari kabupaten/kota se-Kaltim. Mereka berasal dari berbagai latar belakang, kalangan, dan dengan berbagai talenta berbeda, sehingga dari giat ini muncul interaksi dan kolaborasi untuk pengembangan kegiatan hingga peningkatan keterampilan ke depan.

 

“PRPK 2023 ini menjadi wadah membangun sinergisitas antara pemerintah, akademisi, komunitas, pelaku usaha, dan berbagai elemen pemuda dalam upaya membangun Kaltim lebih maju dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan, kolaborasi, dan semangat gotong royong,” kata Rasman, Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim.

Hal ini ia sampaikan saat penutupan PRPK 2023 di halaman parkir Stadion Kadrie Oening Sempaja Samarinda, dihadiri oleh Sekretaris Dispora Kaltim Sri Wartini, Kabid Pemberdayaan Pemuda Bahri, pejabat eselon, dan sejumlah staf Dispora Kaltim.

Saat menutup acara tersebut pada Sabtu, 28 Oktober, Rasman juga menyerahkan hadiah untuk para pemenang lomba, seperti Kirab Pemuda, Tari Nusantara dan sejumlah lomba lainnya selama giat 26-28 Oktober tersebut. PRPK 2023 digelar dalam rangka memperingati Hari Sampah Pemuda ke-95 tahun.

“Perlombaan selama PRPK 2023 adalah Kirab Pemuda, Festival Musik, Musikalisasi Puisi, Karnaval Budaya, Tari Nusantara, Modern Dance, dan booth/stand terbaik. Ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke- 95,” katanya.

 

Rasman mengatakan bahwa dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-I 95 tahun ini mengusung tema “95 Tahun Sumpah Pemuda, Bersama Majukan Indonesia”.

Sedangkan untuk PRPK 2023 ini diikuti oleh perwakilan pemuda – pemudi dari delapan kabupaten/kota dan perwakilan mahasiswa di Kaltim yang tergabung dalam forum wirausaha. Mereka pun turut memeriahkan sejumlah lomba tersebut. (ADv).

wartaikn.com @ 2023