Dinas Pariwisata Kukar Tambah Fasilitias Pulau Kumala

Pulau kumala
Water boom pulau kumala

 1,070 total views,  2 views today

Tenggarong, wartaikn.com – Pulau Kumala menjadi ikon Kota Tenggarong, sehingga Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan penambahan fasilitas untuk meningkatkan daya tarik wisatawan.

Pembenahan Pulau Kumala, bertujuan untuk revitalisasi objek wisata tersebut agar dapat memikat para wisatawan yang berkunjung ke Kota Tenggarong, sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli daerah dari sektor pariwisata.

Kepala Dispar Kukar Slamet Hadiraharjo mengatakan, pada 2023 ini, khususnya objek wisata Pulau Kumala ada pembenahan dan penambahan wahana, yakni dengan membangun water boom mini yang diperuntukan untuk anak-anak.

“Saat ini pembangunan wahana water boom sekitar 20-30 persen dan ditargetkan akhir tahun akan rampung,” ungkap Slamet Hadiraharjo, Selasa (09/10/2023).

Slamet juga menyebut untuk mempercantik wahana water boom mini tersebut, Pemkab Kukar akan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan waterboom bagi orang dewasa pada 2024 mendatang.

“Tujuannya adalah agar pengunjung yang berekreasi ke Pulau Kumala merasa nyaman, dan puas,” jelasnya.

Selain pembangunan water boom di Pulau Kumala, juga dilakukan pembenahan seperti akses jalan pengunjung hingga penambahan lampu jembatan repo-repo.

Dirinya berharap dengan upaya tersebut untuk tingkat pengunjung semakin banyak, sehingga dapat memberikan dampak multiplayer, khususnya terhadap pelaku UMKM.

“Kami harap yang berjualan di Pulau Kumala perekonomiannya meningkat hingga pendapatan daerah kita juga meningkat,” harapnya. (Rob/ Adv/ Diskominfo Kukar)

wartaikn.com @ 2023