Kasad Resmikan TNI Manunggal Air di Kukar

KSAD saat memberikan sambutan di Loa Kulu, Kukar, Kaltim

 1,436 total views,  4 views today

Loa Kulu, WARTAIKN.COM – Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi saksi sejarah, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Maruli Simanjuntak untuk kali pertama tiba di Kukar, Selasa 20 Februari 2024.

Dalam kunjungan resmi Kasad, yang sebelumnya menyapa Keluarga Besar Kodam VI/Mulawarman di Kota Balikpapan, di lanjutkan bertolak ke Kota Raja Kukar untuk melaksanakan “kick off” TNI AD Manunggal Air.

Dalam acara seremoni di Loa Kulu, sambutan awal sebelum peresmian disampaikan oleh Bupati Kukar Edi Damansyah, yang menyampaikan bahwa Kecamatan Loa Kulu masuk dalam 5 kawasan yang ditetapkan pemerintah daerah sebagai lahan pertanian percontohan yang akan menopang perekonomian Kabupaten Kukar.

“Sesuai arahan Bapak Pangdam VI/Mlw yang didelegasikan kepada Komandan Kodim 0906/KKR, kemudian bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam membangun sumber air dengan menggunakan tenaga surya dan melibatkan perusahaan dengan memanfaatkan CSR),” ujarnya.

Pernyataan tersebut sesuai dengan komitmen Angkatan Darat yang menjadikan program TNI AD Manunggal Air program unggulan TNI AD dibidang teritorial sebagai wujud kepedulian Angkatan Darat dalam membantu mengatasi kesulitan yang sedang dihadapi oleh rakyat terutama dalam masalah ketersediaan air.

Ini karena air sangat penting bagi kehidupan masyarakat untuk keperluan sehari-hari yang akan berpengaruh kepada kesehatan, ketahanan pangan, dan kebutuhan hidup lainnya.

Gubernur Kaltim Akmal Malik pun memberi apresiasi terhadap Angkatan Darat terhadap programnya yang selalu mendukung dan membantu perkembangan dan kesulitan daerah yang masuk dalam kawasan Provinsi Kaltim.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Kasad beserta Ibu yang telah datang ke wilayah kami dan selalu mendukung dalam membangun Kaltim,” ucap Akmal.

Kasad Jenderal Maruli pun menyampaikan komitmen akan terus melanjutkan program TNI AD dalam mengembangkan akses sumber air di wilayah Indonesia karena masih banyak didapati masyarakat yang belum mendapatkan sumber air yang cukup.

“Kami harapkan kepada para Komandan Satuan TNI dan Polri dapat membangun kerja sama yang baik dalam membangun pertanian dan dapat membantu kebutuhan masyarakat yang ada di wilayah,” katanya, dalam rilis Pendam VI/ Mulawarman.

Setelah menyampaikan sambutan, Kasad beserta rombongan dan tamu undangan melaksanakan peresmian _kick off_ TNI AD Manunggal Air dan menyempatkan untuk melihat lokasi penanaman padi, sebelum melanjutkan kunjungan untuk menyapa Prajurit Yonif 611/Awang Long. (Gal).

wartaikn.com @ 2023