Media Dapat Pengaruhi Masyarakat dalam Pilkada 2024

Imam Sutanto, Komisioner Bawaslu Kota Samarinda
Imam Sutanto, Komisioner Bawaslu Kota Samarinda

 1,210 total views,  2 views today

Samarinda, WARTAIKN.COM – Plh Asisten I Setkot yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Samarinda Asli Nuryadin mengatakan, media memiliki peran sangat krusial dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, karena menjadi sumber informasi sekaligus bisa mempengaruhi opini masyarakat.

“Media dengan informasi yang akurat dan terpercaya, tentu bisa membuat masyarakat mampu menentukan keputusan yang tepat dalam menentukan pilihan,” kata Asli Nuryadin saat membuka Sosialisasi Pendidikan Politik dengan tema “Peran Media Menentukan Suksesnya Pilkada 2024”, di Midtown Hotel Samarinda, Kamis, 11 Juli 2024.

Dalam kesempatan itu, Ketua PWI Kaltim Abdurrahman Amin mengatakan, pers harus bisa memberikan pemahaman yang komprehensif kepada masyarakat, termasuk tidak memihak dalam memberikan informasi seputar pilkada.

“Media massa atau media mainstream tidak bisa disamakan dengan media sosial yang memberikan informasi karena ada keberpihakan atau ada kepentingan tertentu. Berbeda dengan media massa yang memiliki aturan dan kode etik jurnalistik,” katanya.

Kemudian Imam Sutanto, Komisioner Bawaslu Kota Samarinda berharap kepada para jurnalis atau masyarakat umum, jika mencium indikasi pelanggaran yang dilakukan oleh calon wali kota, segera dilaporkan ke Bawaslu Kota Samarinda.

 

Sedangkan Yustiani, Komisioner KPU Kota Samarinda mengatakan, tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada Samarinda dalam dua kali pemilihan selama ini masih perlu didongkrak, agar dalam Pilkada 2024 bisa lebih tinggi dari sebelumnya.

 

“Tingkat partisipasi pemilih Pilkada Samarinda 2015 tercatat 49,17 persen, kemudian tahun 2020 naik menjadi 50 persen. Bagaimana dengan Pilkada 2024 ini, kita berharap dan terus berupaya bisa naik lagi, yakni melalui berbagai sosialisasi yang terus digelar, termasuk kegiatan hari ini yang dapat gelar Kesbangpol Samarinda,” katanya. (Gal)

wartaikn.com @ 2023