Kagama Kaltim Sambut Mahasiswa UGM KKN di Anggana

Acara penyambutan mahasiswa UGM yang KKN di Anggana, Kaltim
Acara penyambutan mahasiswa UGM yang KKN di Anggana, Kaltim

 1,898 total views,  2 views today

Samarinda, WARTAIKN.COM – Sebanyak 20 orang mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) dari berbagai program studi melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM).

Mahasiswa yang tergabung dalam Tim KKN Petualangan Mahakam Periode II ini siap diterjunkan ke Desa Tani Baru dan Desa Muara Pantuan Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Selama 50 hari ke depan mereka berbaur dengan masyarakat setempat untuk menyelesaikan tugas besar “Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Berwawasan Lingkungan _(Blue Economy)_ Berbasis Digital di Daerah Penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN)”.

Sebelum terjun ke lokasi tujuan, para mahasiswa peserta KKN dijemput di Bandara APT Pranoto, Samarinda dan disambut oleh para Pengurus dan Anggota KAGAMA (Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada) Provinsi Kaltim, Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Kagama Kota Samarinda.

Sambutan selamat datang dan petuah kepada adik-adik para peserta KKN disampaikan oleh Ketua Pengurus Daerah Kagama Kaltim Fauzul Idhi, Ketua Cabang Kagama Kutai Kartanegara Muhammad Shafik Avicenna, dan Ketua Kagama Samarinda Raynold Tumbo Panggalo.

Mereka bertiga mengingatkan tentang pentingnya mendedikasikan diri untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat selama KKN, khususnya di 2 desa lokus KKN.

Fauzan, Pengurus Pengda Kagama Kaltim menyampaikan, dari Kagama Kaltim memberikan bantuan satu set alat pemanen air hujan, untuk dimanfaatkan oleh warga di Kecamatan Anggana.

Jauhar Efendi sebagai anggota Kagama, yang juga pernah menjadi Ketua Pengcab Kagama Kota Samarinda, mengatakan bahwa banyak para senior alumnus Kagama yang hadir dalam acara penyambutan penerimaan mahasiswa KKN.

Jauhar yang didaulat oleh MC, Sulastri Gunawan untuk menyampaikan motivasi/penyemangat bagi para mahasiswa peserta KKN ini pun memberi semangat kepada 20 mahasiswa dari 7 Fakultas dan 12 Program Studi di UGM tersebut.

“Nikmati proses jalannya KKN. Lakukan hal-hal positif agar kehadiran saudara di tengah masyarakat bisa memberikan manfaat maksimal. Hormati kearifan lokal dan jaga nama baik almamater,” kata Jauhar.

Ketua Pengda Kagama Kaltim Fauzul Idhi, yang akrab dipanggil Didiek, menyampaikan bahwa para peserta KKN sebelum melanjutkan perjalanan ke TKP, disiapkan penginapan gratis di Hotel Mesra Internasional, Samarinda.

“Didiek, alumnus Biologi UGM yang juga sebagai owner Woody Park, Km 26 Balikpapan, nampak aktif dan terjun langsung menyambut kedatangan para mahasiswa KKN. Mungkin dia mengingat masa lalu waktu mengikuti kegiatan KKN, dengan kondisi ekonomi yang sulit,” kata Sulastri, Alumnus Geografi UGM, yang sehari-hari bertugas sebagai Sekretaris Badan Pendapatan Daerah Kota Samarinda ini.

Gede Agung Krisna Ambara, selaku Ketua Kelompok Tim KKN PPM UGM, ketika dimintai tanggapannya menyampaikan, penyambutan dari Pengda Kagama Kalimantan Timur, Pengcab Kagama Kutai Kartanegara, dan Pengcab Kagama Samarinda kepada Tim KKN Petualangan Mahakam 2024 sangat berkesan.

“Hal ini membuat kami yang hendak melaksanakan pengabdian di Desa Tani Baru dan Desa Muara Pantuan, Kecamatan Anggana menjadi lebih bersemangat dan termotivasi untuk mengerjakan program kerja dengan maksimal,” katanya saat penyambutan di Sejati Food Court, Samarinda, Selasa (2/6) tersebut. (MJE).

wartaikn.com @ 2023