Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa dengan Quizizz

SMA negeri 9 Samarinda

 1,906 total views,  6 views today

Oleh: Pontjowulan H.I.A., M.Pd.
(Guru SMKN 9 Samarinda)

Menumbuhkan motivasi belajar siswa merupakan salah satu tujuan utama dalam pendidikan. Saat ini dunia pendidikan terus menerus berkembang yang ditandai dengan penggunaan teknologi dalam pembelajaran.

Teknologi baru menawarkan kesempatan untuk melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Untuk itu, guru harus kreatif dan tepat dalam memilih media pembelajaran agar hasil belajar siswa dapat maksimal.

Salah satu media pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa adalah Quizziz, karena media tersebut berupa aplikasi yang berbasis game (permainan).

Quizizz merupakan media yang dapat memotivasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar dengan fitur yang menarik dan memudahkan guru dalam memberikan kuis interaktif, pertanyaan akan muncul di layar gawai  (HP) masing-masing siswa.

Tampilan kuis seperti perlombaan dengan menampilkan capaian poin berdasarkan peringkat, sehingga membuat siswa menjadi lebih aktif dan kompetitif.

Quizizz dapat diakses di playstore bagi pengguna android sehingga siswa dapat menggunakan dan lebih mudah memahami materi melalui latihan soal yang menarik serta menyenangkan.

Guru dapat dengan mudah menyesuaikan kuis sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan pembelajaran siswa.
Hal ini memungkinkan guru untuk menciptakan pengalaman belajar yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman siswa.

Dengan beragam opsi assesmen formatif dan sumatif, Quizizz dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam mengevaluasi pemahaman siswa secara berkala.

Beberapa manfaat menggunakan Quizizz dalam pembelajaran adalah sebagai berikut:
1) Dapat meningkatkan motivasi belajar siswa;
Menggunakan media Quizizz dalam pembelajaran dapat menginspirasi dan meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan, karena mereka merasa tertantang dalam persaingan mengerjakan kuis.
2) Dapat memberikan umpan balik langsung kepada siswa;
Setelah mengerjakan kuis, siswa diberikan kesempatan untuk melihat kemampuannya berupa skor, sehingga mereka dapat memahami materi dengan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.
3)   Dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa;
Siswa secara langsung melihat kemajuan mereka dalam pembelajaran, hal ini dapat menciptakan lingkungan belajar positif sehingga siswa merasa didukung dan termotivasi untuk mengingkatkan kepercayaan diri.
4)  Dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan;
Jika dibandingkan dengan cara konvensional, Quizizz dapat menciptakan susana belajar yang menyenangkan dan menantang karena siswa terlibat secara interaktif dalam pembelajaran.
Kehadiran elemen permainan seperti leaderboard serta penghargaan skor dapat membuat kegiatan pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan.
5)  Membantu siswa terbiasa dengan teknologi.

Dalam era digital yang semakin berkembang, ilmu pengetahuan dan teknologi harus dimilki siswa. Dengan terbiasa menggunakan Quizizz, siswa tidak hanya meningkatkan pemahaman materi pembelajaran, namun dapat juga meningkatkan keterampilan teknologi yang mereka perlukan dalam kehidupan masa depan.

Untuk mewujudkan manfaat tersebut maka guru harus mengimplementasikan penggunaan Quizizz dalam pembelajaran. Berikut langkah-langkah pembuatan soal dalam bentuk kuis menggunakan aplikasi Quizizz:
Masuk ke www.quizizz.com lalu klik “Sign Up”
Pilih “sign up with e-mail” atau “sign up with google”
Klik “Teacher” jika ingin log in sebagai guru,
Masukkan identitas (username, e-mail, dan password) selanjutnya klik “continue”
Jika sudah masuk, buatlah kuis dengan cara mengklik “create new quiz” pada bagian kiri atas,
Kemudian akan muncul tampilan “Let’s create a quiz” dan masukkan nama kuis, bahasa, lalu klik “save”
Apabila sudah muncul tampilan selanjutnya, lalu klik “create new question”
Masukkan pertanyaan pada kolom “write your question here” lalu  masukkan opsi jawaban (jika menggunakan pilihan ganda) pada kolom “answer option 1, answer option 2, dan seterusnya”
Beri centang pada bagian kolom jawaban yang benar, atur durasi pengerjaan dalam satu soal, lalu klik “save”
Jika sudah menulis semua kuis, klik “Finish Quiz”, maka akan  muncul  tampilan  Quiz Detail (atur  kelas  berapa  kuis  itu  ingin ditujukan dan mata pelajaran apa yang digunakan) lalu klik “save details”,
Akan muncul tampilan selanjutnya, pilih “Home Work” jika ingin digunakan sebagai PR (Pekerjaan Rumah) dan pilih “Play Live” jika ingin digunakan sebagai mulai sekarang.
Masukkan deadline pengerjaan atau batasan waktu pengerjaan (atur jam dan  tanggal) lalu klik “Proceed”
Akan muncul tampilan selanjutya yaitu kode yang digunakan untuk masuk dalam  pengerjaan kuis (Ngatiningsih, 2020)

wartaikn.com @ 2023