Dispora Kaltim Dapat Dukungan GAMKI Cetak Pemuda Mandiri

GAMKI Kaltim

 642 total views,  2 views today

Samarinda, WARTAIKN.COM – Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) dapat dukungan dari berbagai pihak dalam upaya mencetak pemuda yang kreatif, inovatif, berdaya saing, dan mandiri, salah satunya dukungan dari Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Kaltim.

“Tema GAMKI untuk periode tiga tahun ke depan adalah ‘Pulihkan Bangsa Kami’ dengan subtema ‘Mewujudkan Kepemimpinan Pemuda Kristen yang Transformatif dan Inovatif’,” kata Ketua DPD GAMKI Provinsi Kaltim Daniel Abadi Sihotang di Samarinda, Jumat (1/12/2023).

Ia ingin DPD GAMKI Kaltim ikut terlibat aktif dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim dalam upaya membangkitkan perekonomian Bumi Etam pascapandemi COVID-19, sehingga perlu aktif komunikasi dan kolaborasi dengan OPD terkait, termasuk dengan Dispora Kaltim.

Selain itu, DPD GAMKI Kaltim juga berkomitmen untuk berperan dalam program pembangunan Indonesia sentris karena Ibu Kota Nusantara (IKN) berada di tengah-tengah Provinsi Kaltim.

“DPD GAMKI Kaltim tidak mau hanya jadi penonton, pengamat atau hanya menjadi pengkritik. GAMKI harus ikut berperan dalam visi besar membangun Indonesia. Kami Pemuda Kaltim siap menjadi pelaku sejarah bersama para pemuda di Indonesia untuk mencapai Indonesia Emas 2045,” tegasnya.

Langkah awal untuk mewujudkan hal tersebut ialah menyiapkan kader GAMKI yang profesional di bidangnya. Mulai tingkat dasar, madya dan utama, termasuk membuat badan bentukan GAMKI.

Badan bentukan yang dimaksud adalah lembaga bantuan hukum (LBH), Brigade Serbaguna (Brigsena), lembaga advokasi dan pendidikan pemilu, kemudian pusat studi, termasuk sekolah perdamaian.

Dalam pemilu mendatang, GAMKI juga ingin ikut berpartisipasi mewujudkan pemilu damai, pemilu tanpa polarisasi, pemilu tanpa adanya ujaran kebencian. “Kami akan berkolaborasi dengan organisasi kepemudaan lintas agama lain,” tambahnya.

Sebelumnya, pada Rabu (29/11/2023), kepengurusan baru Dewan Pimpinan Daerah (DPD) GAMKI Kaltim resmi dilantik oleh Ketua Umum DPP GAMKI Sahat Martin Philip Sinurat. Pelantikan dilaksanakan di Ballroom Hotel Midtown Samarinda.

Berdasarkan hasil Tim Formatur Konferda III DPD GAMKI Kaltim pada Agustus 2023, kepengurusan baru dipimpin oleh Daniel Abadi Sihotang. Dalam konferda itu ia secara aklamasi terpilih untuk menahkodai organisasi tersebut di tingkat Provinsi Kaltim.

“Langkah awal yang kami lakukan adalah menyusun program kerja untuk tiga tahun ke depan, tentunya program yang mengacu pada pokok pikiran garis besar haluan organisasi,” katanya. (Adv)

wartaikn.com @ 2023