LKBB XVII Meganda SMAPAN Kembalikan Kejayaan Setelah Pandemi

baris berbaris SMAN 8 Samarinda

 1,430 total views,  2 views today

Oleh: Resmi Sari,M.Pd. (Pembina Ekskul Paskibra Merah Putih SMAN 8 Samarinda)

Lomba Baris-Berbaris merupakan kegiatan yang sangat positif, wujud latihan fisik guna menanamkan sikap disiplin, kerja keras, patriotisme dan tanggung jawab. Baris-Berbaris juga mengajarkan keteraturan, loyalitas kepada pimpinan, serta empati kepada pemimpin dan anak buahnya.

Sebuah latihan fisik yang bermanfaat untuk menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang mengarah pada terbentuknya perwatakan atau karakter tertentu adalah Peraturan Baris Berbaris. Setiap individu harus mengikuti instruksi dengan tepat waktu dan mengikuti tata tertib yang ditetapkan. Disiplin ini membantu melatih kesadaran diri, mengontrol emosi, dan mengikuti perintah dengan patuh.

SMA Negeri 8 Samarinda yang beralamat di Jalan Untung Suropati, Karang Asam Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, menjadi tuan rumah kegiatan Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) XVII tahun 2023.

Pelaksanaan lomba selama tiga hari, yaitu 17 – 19 November 2023. Setelah vakum selama tiga tahun masa pandemi, dari tahun 2020 – 2022 akhirnya Ekstrakurikuler Paskibra Merah Putih SMAPAN bisa kembali mengadakan LKBB dengan tema MEGANDA “Menjadi Legenda dengan Semangat Pemuda”.

Antusias peserta tidak hanya dari dalam kota Samarinda, namun juga dari Tenggarong, Loa Janan, Balikpapan, Sebulu, Sangata, Samboja, Muara Jawa, Muara Badak, bahkan hingga Kutim dan PPU.

Muhammad Hasby Abdillah sebagai ketua pelaksana Meganda LKBB XVII mengatakan bahwa target awal panitia hanya membuka 60 regu. Karena banyaknya permintaan akhirnya pendaftar LKBB menjadi 76 regu.

Dari dari tingkat SD/MI Sederajat ada 14 regu, SMP/MTs Sederajat ada 15 regu dan SMA/MA/SMK Sederajat ada 47 regu. Dengan total hadiah berupa 70 piala dan tropi dan uang pembinaan total Rp 22.500.000,00 juga beberapa hadiah doorprize yang disponsori oleh Suzuki.

“Kami berusaha netral dengan menghadirkan para juri seperti juri PBB, Serma Muhammad Dhon dan Serda Safruddin. Juri vafor Andri Saputra A, S.I.Kom, Cakra bagaskara dan Minna Nur Rahman.

Juri kostum dan make-up Endovalentio G, S.Sn. dan Indriani Ayu P,” ucap Resmi Sari (Pembina Paskibra) ketika ditanya kesiapan akan even LKBB ke XVII ini.

Kegiatan LKBB dibuka langsung oleh kepala SMAN 8 Samarinda, Ibu Haji Nurhayati, M.Ed. yang dihadiri para tamu undangan, khususnya guru-guru SMAN 8 Samarinda dan sponsor serta donatur acara pada Jumat, 17 November 2023 pukul 09.30 Wita dan penutupan di hari Minggu, 19 November 2023 pukul 17.30 Wita.

Kendala dan hambatan selama kegiatan berlangsung tentu ada. Sengaja maupun tidak sengaja hal ini mengganggu kenyamanan semua pihak seperti peserta, panitia, dan penonton.

Kami selaku tuan rumah meminta maaf dengan ketidaknyamana yang terjadi. Semoga di kemudian hari bisa lebih baik dan terkendali. Kegiatan lomba berjalan dengan lancar itu menjadi prioritas utama.

Alhamdulillah kegiatan LKBB berjalan lancar dan sukses. Juara Utama 1 Tingkat SD/MI Sederajat di raih oleh SD 009 Loa Janan, Juara Umum SD 009 Sungai Kunjang .

Tingkat SMP/MTs Sederajat, Juara Utama 1 di raih oleh SMP 15 Samarinda, Juara Umum SMPN 1 Tenggarong. Dan untuk Tingkat SMA/MA/SMK Sederajat, Juara Utama 1 dan Juara Umum di raih oleh SMK TI Labbaika Samarinda.

Puas dan bahagia dirasakan oleh semua pihak. Semoga PASKIBRA MERAH PUTIH SMA Negeri 8 Samarinda semakin sukses dan tetap konsisten mengadakan kegiatan setiap tahunnya. Aamiin.

wartaikn.com @ 2023