Loa Janan Juara Umum MTQ ke-44 Kukar

Sekkab Kukar Sunggono menyerahkan hadiah untuk pemenang mtq ke 44 Kukar di Kota Bangun Darat

 714 total views,  2 views today

Kota Bangun Darat, WARTAIKN.COM – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) 2023 di Kecamatan Kota Bangun Darat yang dimulai sejak 9 November, resmi ditutup Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar Sunggono, pada Rabu (15/11) malam.

Acara penutupan di Arena Utama MTQ, Lapangan Sepak Bola Kota Bangun III ini ditandai dengan pemukulan perkusi oleh Sunggono dan sejumlah camat, serta beberapa pihak lain terkait. Pada acara itu juga diumumkan tuan rumah MTQ Kukar berikutnya, yakni Kecamatan Samboja Barat.

Sebagai Juara Umum di MTQ ini adalah Kecamatan Loa Janan dengan total nilai 91, Juara II Tenggarong dengan nilai 74, Juara III Muara Badak dengan nilai 66, diikuti Samboja dengan nilai 37 di posisi 4, posisi 5 ditempati Kecamatan Loa Kulu dengan nilai 24, diiringi kecamatan-kecamatan lainnya.

Piala bergilir diserahkan Sekkab Kukar kepada Camat Loa Janan Heri Rusnadi. Sedangkan dalam sambutannya Sunggono mengatakan, MTQ ke-44 Kukar 2023 ini berjalan dengan tertib, lancar dan suasana tetap kondisif.

Hal ini patut disyukuri karena kondisi ini mencerminkan bahwa betapa masyarakat Kukar khususnya masyarakat Kota Bangun Darat sebagai tuan rumah senantiasa mencintai dan menjunjung tinggi rasa persaudaraan, rasa kekeluargaan, rasa toleransi dan rasa kebersamaan, dalam memberikan pelayanan dan memuliakan tamunya.

Ia juga bersyukur bahwa 20 Kecamatan seluruhnya mengirimkan peserta. Ada yang mengikuti seluruh cabang, dan masih ada yang memilih beberapa cabang lomba saja yang diikuti, hal ini menunjukkan bahwa pembinaan yang telah dilakukan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) di masing-masing Kecamatan telah berjalan dan berhasil dengan baik.

“Ke depan saya harapkan peran LPTQ Kecamatan harus lebih di berdayakan dalam melakukan pembinaan terhadap Qori dan Qoriah, Hafidz dan Hafidzah melalui RUMAH QUR’AN (BAITUL QUR’AN) yang di bangun di setiap Kecamatan minimal 1 (satu),” ujarnya saat menyampaikan sambutan Bupati Edi Damansyah.

Lebih lanjut disampaikan, dalam setiap perlombaan pastilah ada yang juara dan belum juara, namun dalam perhelatan MTQ ,semua peserta adalah para juara-juara di hadapan Allah SWT, karena semua adalah pejuang-pejuang Al-Quran yang bukan hanya cinta membaca al-qur’an dengan tartil, mahroj dan tajwid yang benar dan indah, tetapi juga berusaha memahami isi kandungan al-qur’an, yang pada gilirannya mengamalkan al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Inilah yang menjadi cita-cita Pemkab Kukar bersama masyarakatnya untuk menjadikan MASYARAKAT yang SEJAHTERA dan BAHAGIA, yaitu sebuah negeri yang aman, tentram, subur, makmur, masyarakatnya yang religius terwujud sejahtera dan bahagia dibawah naungan Al-Qur’an dan Ridho Allah SWT.

“Selamat atas prestasi yang diperoleh, dan saya ucapkan juga selamat kepada yang belum memperoleh prestasi dalam MTQ ini, teruslah berlatih dan teruslah berjuang, jangan pernah menyerah karena masih ada hari esok yang memungkinkan kalian untuk menjadi juara,” ujarnya. (Adv/ Diskominfo Kukar)

wartaikn.com @ 2023