Songsong IKN, Bendang Raya Kembangkan Perkebunan

 744 total views,  2 views today

Tenggarong, WARTAIKN.COM – Ibu Kota Negara (IKN) bisa dipastikan bakal pindah mulai 2024. Indikatornya adalah masifnya pembangunan fisik dan nofisik baik di kawasan inti IKN maupun di sekitarnya.

Terutama pembangunan nonfisik berupa peningkatan kapasitas bagi masyarakat di sekitar IKN seperti di Kecamatan Sepaku, Samboja, Samboja Barta, hingga Loa Kulu, seperti peningkatan kapasitas berupa pelatihan keterampilan di berbagai bidang.

Terkait dengan itu, maka Desa Bendang Raya di Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang merupakan kawasan penyangga IKN, sidah siap menyongsong pindahnya IKN ke Kalimantan Timur (Kaltim).

Hal ini dilakukan karena di IKN bakal ada tambahan jutaan penduduk baru. Sementara setiap penduduk dipastikan membutuhkan kebutuhan untuk konsumsi dalam keseharian, baik berupa buah-buahaan, bahan pangan dari berbagai jenis tanaman, minyak goreng, dan berbagai kebutuhan lain.

Sebagai langkah untuk menyambut perpindahan IKN, maka Pemerintah Desa Bendang Raya melakukan optimalisasi dalam pengembangan berbagai jenis perkebunan.

Menurut Kepala Desa Bendang Raya Muhammaddin, desa dengan luasan lahan 2.600 hektare itu memiliki pengembangan perkebunan kelapa sawit, durian, dan alpukat.

Pengembangan potensi perkebunan itu sesuai dengan arahan Bupati Kukar Edi Damansyah, yakni untuk menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan Kaltim di masa mendatang, sedangkan salah satu kontribusi lumbung pangan adalah dari subsektor perkebunan.

“Seperti harapan Bapak Bupati Kukar, perkebunan di Desa Bendang Raya untuk menyangga IKN, sehingga kami mengembangkan perkebunan. Upaya ini ternyata mendapat dukungan dari Pemkab Kukar melalui Dinas Perkebunan (Disbun),” katanya.

Ia menyatakan bahwa dalam pengembangan perkebunan ini pihaknya mendapat bantuan bibit elai dari Pemkab Kukar yang dapat dikembangkan di Desa Bendang Raya, untuk menambah perkebunan yang sudah ada.

Selain Pemkab Kukar, Muhammaddin juga menyebut pihaknya telah mendapat bantuan melalui aspirasi anggota DPRD Kukar belum lama ini.

Aspirasi itu menyasar peningkatan badan jalan usaha tani yang menghubungkan ke lokasi perkebunan durian dan alpukat di Desa Bendang Raya.

Peningkatan badan jalan yang dianggarkan melalui aspirasi anggota DPRD Kukar itu juga dilakukan di beberapa ruas jalan seperti RT 13, 15, dan RT 16.

“Semenisasi jalan dilakukan di RT 13, 15, dan RT 16 yang ditujukan untuk pengembangan wilayah baru. Kami berharap melalui peningkatan jalan ini dapat membuat Bendang Raya lebih maju,” katanya. (Adv/ Diskominfo Kukar)

wartaikn.com @ 2023