Dua Desa di Kukar Ikuti Workshop Replikasi P3PD di Jakarta

Desa Inklusi DPMD Kukar

 676 total views,  2 views today

Jakarta, WARTAIKN.COM – Terdapat dua desa di Kabupaten Kutai Kartanagera (Kukar) mengikuti workshop Replikasi Program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD) untuk menjadi desa inklusi.

Kepala Bidang Pendayagunaan Sapras, SDA dan TTG Atih Hayati, mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar Arianto, workshop Replikasi P3PD Subkomponen 2B ini dibuka pada Senin (6/11) di Hotel Readtop Hotel & Convention Center Jakarta.

 

Acara yang dilaksanakan selama 3 hari mulai 6 hingga 8 November 2023 tersebut dihadiri oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar.

Adapun dua desa yang mewakili Kabupaten Kukar itu adalah Desa Liang Ulu di Kecamatan Kota Bangun dan Desa Perangat Baru di Kecamatan Marang Kayu, untuk menjadi desa inskusi yang berpedoman pada UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

 

“Program P3PD bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan desa, sehingga ke depan akan berdampak pada perbaikan dan peningkatan tata kelola pemerintahan dan kualitas pembangunan,” katanya.

Melalui P3PD, diharapkan bisa terwujud pemerintah desa yang berkinerja baik dengan didukung oleh partisipasi masyarakat yang berdaya guna, melalui penguatan sistem peningkatan kapasitas berbasis permintaan dan kebutuhan.

 

Selain itu juga tersedia tenaga inklusi untuk meningkatkan kualitas kinerja pembangunan desa, serta memperkuat kelembagaan dalam mendukung pembinaan dan pengawasan tata kelola pemerintahan dan pembangunan desa.

Menurutnya, sumber dana dari program didapatkan dari Bank Dunia, digunakan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat baik bagi kaum marjinal, pelaku UMKM, maupun anak-anak disabilitas yang selama ini kurang tersentuh.

 

“Melalui program ini juga dilakukan berbagai pelatihan bagi masyarakat baik pelaku UMKM, pelatihan bagi konseling keluarga, pelatihan kesehatan, pelatihan bagi remaja, termasuk mendorong partisipasi kelompok rentan dalam musyawarah desa dan konseling keluarga,” kata Atih. (Adv)

wartaikn.com @ 2023