Kecamatan Sambar Terapkan Si Jempol Kembar untuk Pemindahan Domisili

 618 total views,  2 views today

 

Kukar, WARTAIKN.COM – Kecamatan Samboja Barat (Sambar) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah menerapkan aplikasi Sistem Jemput Bola Perekaman E-KTP (Si Jempol Kembar), untuk mempercepat proses pemindahan domisili.

Si Jempol Kembar telah diimplementasikan di 10 desa/kelurahan di Kecamatan Sambar dan menjadi satu-satunya kecamatan yang menjalankan program ini di Kabupaten Kukar.

Camat Sambar Burhanuddin menyatakatan, meskipun Sambar merupakan kecamatan yang baru saja diresmikan oleh Pemkab Kukar, namun komitmen mereka untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat tetap menjadi prioritas utama.

“Kami akan terus melakukan sosialisasi program ini kepada masyarakat untuk mengubah status dari kecamatan lama menjadi Kecamatan Samboja Barat,” ucap Burhanuddin, Selasa (31/10)

Dirinya juga mengatakan, dalam upaya memberikan informasi kepada masyarakat, Kecamatan Sambar telah membentuk tim khusus yang bertugas untuk memberikan sosialisasi tentang sistem Si Jempol Kembar.

Hingga saat ini, tim tersebut telah berhasil mendistribusikan sebanyak tiga ribu blanko E-KTP di beberapa kelurahan/desa di Kecamatan Sambar dalam tahap pertama pelaksanaan program ini.

“Saat ini, tahap pertama dari distribusi tiga ribu blanko E-KTP telah kami selesaikan,” tambahnya.

Selain itu, Burhanuddin mengungkapkan, Sistem Si Jempol Kembar merupakan langkah inovatif yang diambil pihaknya untuk mempermudah warga yang ingin melakukan pemindahan domisili atau mendapatkan tanda pengenal penduduk di wilayah ini.

“Upaya ini membantu mempercepat proses administratif dan memungkinkan masyarakat untuk menikmati hak-hak mereka tanpa hambatan yang berarti,” pungkasnya. (Rob/ Adv).

wartaikn.com @ 2023