Kukar adalah Salah Satu Lokomotif Pembangunan IKN

Bupati
Bupati Kukar Edi Damansyah

 1,014 total views,  2 views today

Bupati Kukar Edi Damansyah

Foto: Ist – Prokom Kukar

_____

Tenggarong, WARTAIKN. COM -Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah berhasil membuktikan diri sebagai salah satu lokomotif pembangunan di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN), karena kabupaten ini merupakan daerah mitra IKN.

Hal ini dapat dilihat dengan adanya berbagai program sukses yang diterapkan, sehingga Kabupaten Kukar menjadi sorotan utama dalam upaya memajukan daerah, apalagi kawasan di Kukar merupakan mitra IKN.

 

Program-program unggulan yang menjadi kunci kesuksesan daerah ini antara lain keterbukaan informasi publik, kebijakan progresif dalam ekonomi kreatif, serta kontribusi signifikan dalam memastikan pasokan pangan untuk Kalimantan Timur yang diantaranya melalui Kukar Idaman (Inovatif, Berdayasaing dan Mandiri).

“Keterbukaan informasi publik menjadi fondasi penting dalam transparansi pemerintahan Kutai Kartanegara. Sedangkan dari sisi kebutuhan pangan, hal mendasar yang selalu digenjot adalah pertanian dalam arti luas.” kata Bupati Kukar Edi Damansyah di Tenggarong, Minggu (29/10).

 

Dengan upaya yang berkelanjutan untuk memastikan akses informasi yang mudah bagi warga, pemerintah daerah telah menciptakan iklim yang sehat bagi partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan.

Tak hanya itu, Kutai Kartanegara juga telah menunjukkan keterdepanan dalam pengembangan ekonomi kreatif. Program-program yang mendukung industri kreatif dan inovasi telah memberikan kesempatan kepada warga setempat untuk berkembang dan berkontribusi pada perekonomian daerah.

Kabupaten Kukar juga berhasil menempatkan diri sebagai lumbung pangan Kalimantan Timur, salah satunya adalah pangan dari beras.

 

Dengan berbagai program pertanian yang diterapkan secara berkelanjutan, Kutai Kartanegara mampu memenuhi kebutuhan pangan tidak hanya untuk penduduk lokal tetapi juga untuk wilayah sekitarnya. (Gh / ADv/ Diskominfo Kukar).

wartaikn.com @ 2023