Program Kukar Idaman Untuk Sejahterakan Nelayan

 802 total views,  2 views today

 

Muara Badak, WARTAIKN.COM – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah dalam rangkaian kunjungan di Kecamatan Muara Badak pada Sabtu, 21 Oktober 2023, menyatakan bahwa Program Kukar Idaman (Inovatif, Berdayasaing dan Mandiri), bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat, termasuk masyarakat nelayan.

“Program Kukar Idaman akan terus berlanjut dengan salah satu pola yang dilakukan adalah pemberian bantuan kebutuhan, peralatan maupun mesin bagi nelayan, sehingga dengan bantuan dapat meningkatkan produksi maupun produktivitas nelayan hingga pembudidaya ikan,” kata bupati di Muara Badak.

Pemberian bantuan kepada kelompok nelayan maupun pembudidaya rumput laut, ikan, maupun pembudidaya kepiting, merupakan hal prioritas karena bagian dari program ketahanan pangan, yakni Kukar ingin menjadi lumbung pangan di Provinsi Kaltim.

Dalam kunjungan kerja ke Muara Badak tersebut bupati melakukan penyerahan secara simbolis berupa mesin dompeng kepada sejumlah kelompok nelayan setempat.

Bupati juga menyerahkan bibit ikan bandeng dan pakan ikan, yakni penyerahan yang dipusatkan di Lapangan Gas Alam Muara Badak, pada Sabtu.

“Penyerahan bantuan ini merupakan salah satu dari Program Kukar Idaman untuk menyejahterakan puluhan ribu nelayan yang tersebar di Kutai Kartanegara,” katanya.

Mesin dompeng yang telah diserahkan ini, pesan bupati, agar dipelihara dan dipergunakan secara bersama-sama di dalam kelompok tani masing-masing, sehingga setiap anggota merasakan manfaatnya.

“Kepada seluruh kelompok nelayan yang sudah mendapatkan bantuan, agar terus bekerja dengan baik, dan meningkatkan kekompakan serta kerja sama di antara para nelayan. Pelihara bantuan dengan baik dan gunakan mesin secara adil dan bertanggung jawab,” kata bupati. (Gh/ Adv/ Diskominfo Kukar).

wartaikn.com @ 2023