Bupati Kukar Sebut LPM Bisa Berperan Entaskan Kemiskinan

Bupati Kukar
Bupati Kukar saat bbgrm

 1,234 total views,  2 views today

 

Muara Badak, WARTAIKN.COM – Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dinilai sangat besar membantu pemerintah dalam berbagai bidang pembangunan, termasuk upaya mengentaskan kemiskinan, karena LPM identik dengan semangat gotong royong dan bergerak bersama.

“Sesuai dengan namanya, lembaga pemberdayaan masyarakat, maka LPM merupakan lembaga yang memiliki ciri khusus untuk memberdayakan masyarakat, ditambah lagi dengan semangat gotong royong, maka LPM bisa bersama-sama mengentaskan kemiskinan,” kata Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah di Muara Badak, Kamis (19/10/2023).

Hal ini dikatakan bupati saat acara puncak Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XX Tingkat Provinsi Kaltim yang dipusatkan di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kukar.

LPM tidak sekadar kelembagaan, tetapi peran dan fungsi terhadap masyarakat menjadi hal yang harus menjadi perhatian, baik peran sebagai koordinasi, pemberdayaan, hingga sikap untuk menumbuhkan semangat gotong royong atau kebersamaan, sehingga hal yang berat pun menjadi ringan ketika dikerjakan bersama.

Puncak Peringatan BBGRM XX Provinsi Kaltim yang digelar di Lapangan Bola Kecamatan Muara Badak itu dibuka oleh Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik, didampingi sejumlah pihak antara lain Bupati Kukar dan Ketua LPM Provinsi Kaltim.

Dalam kesempatan itu, Penjabat Gubernur Kaltim menyerahkan hadiah pemenang Lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Provinsi Kaltim tahun 2023.

Terdapat dua kategori dalam lomba BBGRM Kaltim 2023, yakni Kategori Kelurahan dan Kategori desa atau kampung.

Untuk Kategori Kelurahan, juara 1 sampai 3 masing-masing diraih oleh Kelurahan Gunung Panjang di Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau, Kelurahan Muara Jawa Pesisir di Kecamatan Muara Jawa Kabupaten Kukar, dan Kelurahan Tanah Grogot di Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser.

Untuk Kategori Desa, juara 1 sampai 3,masing-masing diraih Kampung Jambuk di Kecamatan Bongan, Kabupaten Kutai Barat, Kampung Tubaan di Kecamatan Tabalar Kabupaten Berau, dan Desa Badak Baru di Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara.

Para juara 1-3 setiap kategori mendapat penghargaan berupa uang pembinaan yang masing-masing senilai Rp3 juta, Rp2,5 juta, dan Rp2 juta.

Saat itu pun dilakukan penyerahan penghargaan untuk Lomba BBGRM tingkat Kabupaten Kukar, yakni juara 1 diraih Desa Badak Baru Kecamatan Muara Badak, sehingga Badak Baru berhak menerima hadiah Rp12 juta.

Kemudian juara 2 diraih Kelurahan Muara Jawa Pesisir di Kecamatan Muara Jawa, sehingga berhak menerima uang pembinaan Rp11,5 juta, dan Juara 3 diraih Kelurahan Karya Jaya di Kecamatan Samboja sehingga berhak menerima uang pembinaan Rp11 juta. (Gh/ Adv/ Diskominfo Kukar).

wartaikn.com @ 2023