Pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri Gunakan Anggaran Rp493,75 MIiar

Pengawasan rumah Tapak,
Pengawasan rumah Tapak,

 1,366 total views,  2 views today

 

Samarinda, WARTAIKN. COM, – Pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan menggunakan anggaran senilai Rp493,75 miliar dengan prores fisik hingga 28 Mei 2023 sebesar 10,23 persen.

Hujurat, selaku Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Kalimantan II (Kaltim, Kalsel, dan Kaltara) saat dihubungi mengatakan, proyek tersebut ditarget selesai pada Juni 2024, sedangkan pekerjaan dimulai dari Desember 2022.

Untuk mencapai target tersebut, maka pihak terkait terus mengebut menyelesaikan pekerjaan, agar 36 unit Rumah Tapak Jabatan Menteri yang dikerjakan selesai tepat waktu.

Sebanyak 36 unit rumah tapak itu masing-masing memiliki tipe 480 meter persegi dengan luas lahan per unit mencapai 1.000 meter persegi, sementara total anggaran yang digunakan secara tahun jamak sebesar Rp493,75 miliar.

Dalam desain, rumah tapak tersebut akan dibangun dua lantai, terdiri atas lantai pertama yang dirancang memiliki teras, ruang kerja, ruang tunggu kedinasan, area kedinasan, ruang tamu keluarga, dan ruang sebagai tempat tidur tamu, Kemudiahan di lantai dua merupakan area pribadi berisi ruang keluarga, kamar tidur utama, dan kamar tidur anak.

Ia menjelaskan bahwa pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri ini dikerjakan oleh PT Adhi Karya, Ciriajasa Engeneering & Management Consultant KSO, sementara pengawasnya adalah dari PT Yodya Karya Persero.

Ia menjelaskan, target Juni harus tuntas karena pada Agustus 2024 di sekitar kawasan tersebut akan menjadi tempat Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI untuk yang pertama kali, sehingga di saat itu semuanya harus selesai.

Jumlahnya rumah tapak yang sebanyak 36 unit ini dibangun pada dua persil, yakni di persil 104 dengan luas 10,6 hektare, kemudian persil 105 dengan luas 9,1 hektare.

Sedangkan ruang lingkup pekerjaan antara lain perancangan persil 104 dan 105, pekerjaan kontruksi rumah tapak, fasilitas umum dan sosial kawasan pekerjaan infrastruktur kawasan, dan pekerjaan furnitur.

“Desain rumah tapak di KIPP IKN ini dibangun untuk dua tipe. tipe downslope dan tipe upslope dengan luas bangunan 580 meter persegi dan luas lahan 1.000 meter persegi,” ucap Hujurat lagi. (gal)

 

wartaikn.com @ 2023