Dishut Kaltim Raih Juara 1 Desain Terbaik Kaltim Expo

Sudut gerai Dishut Kaltim
Salah satu sudut gerai Dishut Kaltim dalam Kaltim Expo 2025

 1,420 total views,  4 views today

Samarinda, WARTAIKN.COM – Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur (Dishut Kaltim) berhasil meraih juara Desain Gerai Terbaik I dalam Kaltim Expo 2024, di Samarinda Convention Hall yang digelar lima hari pada 26-30 Juli 2024.

Menurut Kepala UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Telake Dishut Kaltim Shahar Al Haqq, raihan juara pertama ini berkat penataan gerai alami dengan tema “Ekosistem Hutan Mangrove untuk Masyarakat”.

Gerai Dishut Kaltim dalam Kaltim Expo 2024

Ia mengatakan bahwa tema ini diangkat karena hutan mangrove sangat penting bagi kehidupan ekosistem mangrove maupun bagi masyarakat, antara lain menghadang gelombang yang bisa berdampak terhadap permukiman masyarakat pesisir.

Kemudian dapat mengurangi terjadinya abrasi, berfungsi pula sebagai tempat berkembangnya biota laut, sehingga biota laut ini menjadi makanan ikan, udang, maupun kepiting, sehingga bisa menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat terutama nelayan.

Selain kategori gerai terbaik yang diraih Dishut Kaltim, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kaltim Fahmi Prima Laksana juga mengumumkan, Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim meraih Juara 3 kategori gerai terinformatif.

Ada pula kategori gerai favorit Kaltim Expo, yakni diraih Tim Penggerak PKK Kaltim yang sejak hari pertama memang banyak didatangi pengunjung, sehingga berdasarkan tingginya jumlah pengunjung ini, maka gerai ini layak menjadi gerai terfavorit.

Sedangkan rincian juara adalah kategori gerai terbaik juara 1 Dishut Kaltim, juara 2 Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan, juara 3 Bank Indonesia.

Kategori gerai terinformatif adalah juara 1 diraih Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kaltim, juara 2 Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim, juara 3 Dinas Perkebunan Kaltim.

Gerai terinovatif, juara 1 Dinas Kesehatan Kaltim, juara 2 Dinas Lingkungan Hidup, dan juara 3 Dinas Olahraga Kaltim, kategori gerai kreatif juara 1 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, juara 2 BPSDM Kaltim, dan juara 3 BPKAD Kaltim.

Fahmi Prima juga mengatakan bahwa untuk tahun 2025 akan ada gelar juara umum, yakni gerai yang paling banyak meraih juara di setiap kategori, yakni untuk memacu peserta dalam menampilkan yang terbaik, baik terbaik dalam desain, inovasi, informasi, maupun tingkat kreativitas peserta. (gf)

wartaikn.com @ 2023