Upaya Bharinto Ekatama Dukung Pengembangan Wisata di Kutai Barat

Manajemen PT BEK bersama Bupati Kubar, Kadis Pariwisata, dan peserta
Manajemen PT BEK bersama Bupati Kubar dan tim juri

 2,086 total views,  4 views today

Barong Tongkok, WARTAIKN.COM – Pariwisata menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar bagi negara, sehingga pemerintah terus berupaya mengembangkan setiap objek pariwisata yang berpotensi dikembangkan.

Termasuk di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur, pemerintah setempat mengelar Pemilihan Duta Wisata dan Putri Pariwisata Kubar 2024, sehingga para juara diharapkan dapat mengembangkan dan mempromosikan tiap destinasi wisata yang ada.

Disadari pula bahwa untuk membangun pariwisata yang andal tidak dapat dilakukan oleh pemerintah saja, namun butuh partisipasi dari semua pihak, diantaranya perusahaan yang bergerak di wilayah itu.

Harapan dukungan pemerintah ini disambut oleh salah satu perusahaan pertambangan di Kubar, yakni PT Bharinto Ekatama (BEK).

Dalam hal ini PT BEK mendukung menyiapkan generasi muda yang siap bersaing dan memiliki daya juang, yakni lewat ajang Pemilihan Duta Wisata dan Putri Pariwisata 2024.

Penobatan Putri Pariwisata Kubar 2024

 

Di ajang ini, kontribusi PT BEK adalah memberikan pembekalan bagi para finalis duta dan putri pariwisata, berupa pemeriksaan kesehatan para finalis, pelatihan bantuan hidup dasar, cara memadamkan api dengan alat pemadam api ringan (APAR).

Kemudian dilanjutkan materi komunikasi dasar serta praktik, kegiatan outbond yang melatih para finalis bekerja sama dalam tim.

Melalui pelatihan ini peserta diharapkan mampu membangun jiwa kepemimpinan, membangun kepercayaan dan integritas, memiliki tujuan dalam hidup, serta membangun motivasi diri secara berkesinambungan.

Lewat kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman secara pribadi yang dapat mengubah cara pandang dan motivasi dari dalam diri para finalis, yakni untuk membangun dirinya sebagai anak muda yang siap menghadapi semua tantangan ke depan.

“Survive dan terus maju adalah hal yang harus dimiliki oleh anak muda agar mereka tidak terlena dengan segala fasilitas dan teknologi yang terus berkembang. Namun mereka dapat menguasai dan menaklukan setiap tantangan yang ada,” kata Community Development HeadP T BEK Kristinawati di Kubar, Kamis (27/6).

Ia mengatakan ini ketika ditemui di acara Grandfinal Duta dan Putri Pariwisata Kutai Barat di Gedung Aji Tulur Jejangkat, Kamis sore.

Kristinawati mengatakan, BEK mendukung program pemilihan duta wisata sebagai wadah untuk generasi muda dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu bersaing di industri pariwisata nasional, yakni sejalan dengan Ibu Kota Nusantara yang hadir di Kalimantan Timur.

Hal ini adalah salah satu bagian dari program PT BEK lewat Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM), yakni dengan menggali potensi anak muda dan memberikan peluang bagi mereka mengaktualisasi dan mengembangkan diri mereka menjadi pribadi yang memiliki identitas diri lewat budaya dan tradisi lokal.

“Kehadiran IKN di Kalimantan Timur memberi tantangan baru bagi generasi muda Kubar untuk siap bersaing dan memiliki kompetensi yang bisa diandalkan. Komitment BEK juga membangun anak muda agar kita tidak kehilangan generasi serta mendukung program pemerintah menuju Indonesia Emas,” ungkapnya.

Grand final pemilihan duta dan putri pariwisata ini diawali dengan penampilan dari 16 peserta dan selanjutnya tersisa 6 orang peserta dan terpilihlah 2 orang duta wisata dan satu putri pariwisata.

Sebelumnya, para kandidat telah melalui proses seleksi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kubar.

Awalnya terdapat 37 peserta yang mengikuti seleksi dan dilakukan karantina untuk memberikan pembinaan dan menambah wawasan peserta bersama sejumlah narasumber.

Annisa Asri Henly Putri terpilih sebagai Putri Pariwisata Kutai Barat 2024 dalam ajang pemilihan duta wisata ini. Turut terpilih pula Bogi Mukja Lanang Pranayoga sebagai Putra Duta Wisata dan Jesselyn Akira sebagai Putri Duta Wisata Kutai Barat 2024.

Sebelumnya, Bupati Kubar FX Yapan menyebut kegiatan ini bertujuan untuk menjaring talenta muda berbakat sebagai wakil dari Kutai Barat untuk memperkenalkan wisata dari berbagai aspek, termasuk potensi wisata yang dimiliki oleh Kutai Barat.

Ia mengatakan bahwa generasi muda memiliki peran penting dalam pengembangan wisata sekaligus sebagai penggerak dalam promosi pariwisata, sehingga melalui pemilihan ini diharapkan wisata Kubar terus berkembang.

“Dari kegiatan ini kita dapat memilih Duta dan Putri Pariwisata yang kompeten untuk mewakili Kubar di ajang yang sama tingkat Provinsi Kaltim bahkan nasional,” katanya.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya mempromosikan potensi wisata, karena melalui generasi muda dan pemanfaatan media sosial oleh kaum muda, maka banyak destinasi wisata yang makin dikenal luas.

Bupati juga mengapresiasi para pihak yang telah mendukung kegiatan ini, termasuk perusahaan pertambangan PT BEK, sehingga pemilihan duta dan putri wisata ini makin lancar dan banyak kegiatan.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini mengaku mendapatkan pengalaman dan wawasan dalam ajang Duta dan Putri Pariwisata Kutai Barat 2024, seperti Annisa Asri Henly Putri yang terpilih menjadi Putri Pariwisata Kutai Barat 2024, ia berharap dapat mendorong pertumbuhan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kubar.

“Kegiatan ini sangat positif dan patut dicoba oleh anak muda lain di Kubar, yakni untuk mengasah kemampuan dan membantu mendorong sektor pariwisata di Kubar, apalagi materi pembekalan sangat bagus seperti ekonomi kreatif, kepribadian, table manner, bahasa Inggris dan publik speaking,” ungkapnya.

Dari ajang ini seluruh peserta diharapkan menjadi agen pertumbuhan pariwisata di Kubar baik promosi di media sosial atau dalam berbagai kegiatan, dengan pariwisata yang maju dan berkembang, maka pendapatan negara akan semakin bertambah.

Selain itu, pariwisata yang maju akan memunculkan citra dan dampak positif bagi masyarakatnya, serta menjadi pendorong untuk pembangunan nasional.

Indonesia yang memiliki keberagaman kekayaan alam dan budaya menjadi salah satu modal utama pariwisata. Kekayaan alam yang berlimpah mulai dari kekayaan laut, pegunungan serta budaya yang berbeda di setiap daerah, tentu menjadi keunikan tersendiri bagi Indonesia.

Kondisi yang strategis ini akan mengundang banyak wisatawan berkunjung ke Indonesia, maka pengembangan pariwisata menjadi fokus kegiatan yang dilakukan pemerintah saat ini.

Program ini dapat tercapai dengan maksimal jika semua pihak dapat bekerjasama untuk membantu percepatan pertumbuhan pariwisata dari penyediaan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia hingga promosi pariwisata. (MD)

wartaikn.com @ 2023