Bupati Kukar Kunjungi Gerai Layanan Digital Pemerintahan Desa

Bupati Kukar Edi Damansyah saat di Gerai DPMD Kukar

 834 total views,  4 views today

Sangasanga, WARTAIKN.COM – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meninjau gerai layanan digital pemerintahan desa di Stand Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) yang turut berpartisipasi dalam Expo Pembangunan Merah Putih ke-77 Sangasanga, pada Jumat (26/1/2024).

Peringatan Merah Putih ke-77 ini mengangkat tema “Perjuanganmu Adalah Teladan Idamanku”. Sedangkan dalam expo tersebut, diikuti oleh banyak organisasi perangkat daerah (OPD) setempat, salah satunya adalah DPMD Kukar.

Bupati memberikan apresiasi atas keikutsertaan OPD dalam expo juang yang menampilkan berbagai inovasi layanan berbasis digital itu.

 

“Saya mengapresiasi atas partisipasi dan sumbangsih OPD, termasuk dunia usaha dan pelaku UMKM yang turut memeriahkan Peristiwa Merah Putih 27 Januari dengan mengisi stand pameran pembangunan,” katanya.

Menurut Edi Damansyah, pendekatan pembangunan yang holistik dan integratif, maka seluruh potensi pembangunan yang sudah berjalan akan lebih produktif.

 

“Prinsipnya, menjadi kekuatan yang harus kita pertahankan dan perkuat bagi kemaslahatan dan kemakmuran masyarakat secara umum,” ujarnya.

Sementara Kepala DPMD Kukar Arianto menjelaskan layanan pemerintahan desa yang sudah berbasis digital, salah satunya melalui aplikasi SEI DESA (Sistem Informasi Elektronik Desa).

 

“Aplikasi ini dirancang untuk mengelola, menghimpun dan memanfaatkan data seperti perangkat desa, BPD, arsip desa, kelembagaan desa dan aset desa sampai pada pendataan desa lainnya melalui satu aplikasi SEI DESA,” katanya.

Ditambahkannya, aplikasi SIE DESA juga telah disosialisasikan ke seluruh desa tentang penggunaan aplikasi untuk pengolahan dan pembuatan data desa.

 

“Diharapkan dengan adanya aplikasi tersebut maka semua data yang berkaitan dengan desa, dapat terinput dengan baik, sehingga data-data yang belum sempurna, dapat diolah kembali untuk diperbaiki dan diinput sebagai acuan perencanaan membuat program pembangunan,” katanya. (gh)

wartaikn.com @ 2023