Olahraga Tradisional Kaltim Tampil di TMII

Pj Gubernur Kaltim dan pihak terkait menabuh gendang saat pembukaan Festival Kaltim di TMII

 498 total views,  4 views today

Samarinda, WARTAIKN.COM – Berbagai olahraga tradisional khas Kalimantan Timur (Kaltim) ditampilkan di Anjungan Kaltim dalam kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, selama dua hari pada Sabtu – Minggu (25-26/11/2023), diikuti oleh sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait se-Kaltim.

Dikutip dari instagram resmi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim @ppid.dispora.kaltim disebutkan, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik membuka acara Kaltim Festival 2023 di Anjungan Kaltim kawasan TMII Jakarta pada Sabtu (25/11/2023).

Selama acara berlangsung, para tamu undangan melakukan senam sehat yang dipandu oleh instruktur yang juga sebagai staf Dispora Kaltim.

Dalam kegiatan tersebut juga disajikan berbagai macam olahraga tradisional binaan Dispora Kaltim seperti menyumpit, egrang, dan sejumlah olahraga tradisional lainnya.

Di kegiatan ini juga disajikan beragam kesenian khas Kaltim seperti lagu-lagu daerah, tari daerah, termasuk penyajian musik sappe live.

Hadir di acara tersebut adalah Asisten II Seprov Kaltim, Kadispora Kaltim, Kepala BPKAD, Kepala Banhub, Kadis Perkebunan, Kadis Pertanian, Kepala Biro Hukum, Kepala Biro Adsminitrasi Pimpinan, Kepala Biro Hukum, dan Direktur Bank Kaltimtara.

Tampak pula Direktur Otorita Ibu Kota Nusantara, perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim, Dispar Kaltim, UPTD Taman Budaya Kaltim, Dispar Kabupaten Mahulu, Dispar Kabupaten Kutai Kartanegara, Disbudpar Kabupaten Berau, Disporapar Kota Balikpapan, dan Disdikbud Kota Samarinda.

“Saya sangat mengapresiasi acara ini dan tentunya Kaltim dapat meningkatkan serta menyajikan berbagai produk unggulan, kesenian dan olahraga tradisional yang tersebar di Kaltim,” kata Akmal Malik. (Adv/ Dispora Kaltim)

wartaikn.com @ 2023