Dispora Kaltim Ajak Pemuda Partisipatif Pembangunan Segala Bidang

Suasana Sosialisasi Pemuda Karang Taruna

 724 total views,  2 views today

Samarinda, WARTAIKN.COM – Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) terus mengajak pemuda berpartisipasi aktif dalam pembangunan di segala bidang baik pendidikan, pertanian, kesehatan, lingkungan, hingga sosial dan budaya kemasyarakatan.

“Dispora Kaltim bertanggung jawab untuk mendorong peran pemuda agar berpartisipasi aktif dalam pembangunan,” kata Kepala Dispora Kaltim Agus Hari Kesuma saat membuka Rapat Koordinasi Pemuda Karang Taruna se-Kaltim di Aula Kantor Dispora Kaltim, Selasa (10/10/2023).

Rapat Koordinasi Pemuda Karang Taruna digelar karena saat ini pihaknya sedang menggalakkan program Pemberdayaan Karang Taruna se-Kaltim, yakni program yang digencarkan mulai tahun 2023.

Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan Indeks Pembangunan (IPP) Kaltim, karena pihaknya menargetkan IPP Kaltim bisa duduk di posisi 7 besar nasional.

Ia juga mengatakan, untuk mewujudkan tercapainya peran aktif pemuda dalam berbagai aspek pembangunan dan sebagai agen perubahan dalam mengembangkan segala bidang, maka perlu terus mendapat dorongan dari berbagai pihak, baik dari Dispora Kaltim, dinas lain terkait, hingga peran lembaga terkait.

Ia ingin pemuda Kaltim berperan di banyak bidang seperti pendidikan, politik, kepedulian terhadap masyarakat, kepedulian terhadap lingkungan, bahkan sebagai agen kepemimpinan dan kepeloporan di tengah masyarakat.

Ia melanjutkan, untuk Program Pemberdayaan Karang Taruna se-Kaltim 2023, rencananya digelar serentak di 10 kabupaten/kota pada Oktober hingga November 2023.

“Dispora Kaltim juga berencana melibatkan 300 orang yang terdiri dari 103 Karang Taruna di kecamatan dan 10 Karang Taruna di kabupaten/kota se-Kaltim,” katanya. (Adv/Abn/ Dispora Kaltim)

wartaikn.com @ 2023