Desa Menamang Kanan Jadi Sentra Semangka

 596 total views,  2 views today

 

Desa Menamang Kanan di Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), merupakan desa yang menjadi sentra semangka, seiring dengan produksi semangka begitu banyak yang dipanen dari lahan warga setempat lebih dari 60 hektare.

Kepala Desa Menamang Kanan Hamri mengatakan, budi daya semangka di desa ini sudah dikembangkan petani setempat sejak beberapa tahun lalu, bahkan Bupati Kukar Edi Damansyah sudah dua kali mengikuti panen semangka di desa ini.

Semangka ini dibudidayakan oleh petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Mekar Jaya dengan total lahan yang sudah panen lebih dari 60 hektare. Kebanyakan petani semangka ini masih berusia muda.

Mengingat akses jalan menuju kebun semangka belum bagus, maka Hamri berharap kepada perusahaan setempat yakni PT Segar Tani Jaya, bisa membantu untuk peningkatan atau pengerasan badan jalan tani untuk menuju area perkebunan semangka.

“Kami juga berharap mudahan-mudahan makin banyak masyarakat di desa Menamang Kanan ini bisa ikut berkebun semangka dan kami dari pihak desa siap mendukung,” kata Hamri di desanya, Sabtu (18/11).

Hal ini ia katakan saat kedatangan Bukati Kukar Edi Damansyah ke desanya, dalam rangka kunjungan kerja sekaligus untuk panen semangka.

Turut serta dalam panen semangka tersebut adalah Kadis Ketahanan Pangan Pertanian M Taufik, Kadis Perikanan Muklis, Camat Muara Kaman Barliang, Perwakilan dari Pimpinan PT Segar Tani Jaya, para Kepala Desa dan RT serta para anggota kelompok Tani Mekar Jaya.

Edi Damansyah mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Mahmudi dan Syaiful pengurus Kelompok Tani Mekar Jaya Desa Menamang Kanan, karena telah berhasil menjadikan desa ini sebagai penghasil semangka dan panen untuk kedua kalinya. (Adv/ Diskominfo Kukar).

 

wartaikn.com @ 2023