Kukar Ingin Jadi Pelopor Pengelolaan Data

Wali data
Plt Asisten III Setkab Kukar Dafip Haryanto

 462 total views,  2 views today

 

Tenggarong, WARTAIKN.COM – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menyatakan kabupaten ini ingin menjadi pelopor dalam pengelolaan data yang efektif, untuk mempermudah dalam perencanaan pembangunan dan pengambilan kebijakan.

“Adanya data yang terintegrasi dan berkualitas, maka Kabupaten Kukar akan menjadi mitra ideal di Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam pembangunan berkelanjutan,” kata bupati dalam sambutan tertulis yang dibacakan Plt Asisten III Dafip Haryanto di Tenggarong, Senin (30/10).

 

Sambutan tersebut dibacakan saat acara Sosialisasi Walidata bagi Admin Perangkat Daerah dan Desa: Verifikasi Daftar Data Statistik Sektoral Organisasi Perangkat Daerah tahun 2023.

Acara ini diharapkan dapat membantu perangkat daerah dalam memahami pentingnya data berkualitas, kemudian mendorong kerja sama yang kuat dalam mencapai prinsip satu data Indonesia.

 

Ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, katanya, merupakan pondasi utama untuk perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan yang efektif.

Pemkab Kukae telah mengambil langkah strategis dengan membuat Peraturan Bupati Nomor 83 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Forum Satu Data Tingkat Daerah, yang menetapkan Badan Pusat Statistik sebagai badan pembina statistik, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai wali data dan perangkat daerah sebagai produsen data.

 

“Sinergi kuat antara pembina data, wali data, dan produsen data ini merupakan hal penting dalam mencapai prinsip satu data Indonesia. Untuk mencapai ini, maka semua perlu memiliki kesamaan visi dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam memproduksi data,” katanya. (Gal/ Adv / Diskominfo Kukar).

wartaikn.com @ 2023